Jumat, 6 Zulhijjah 1439 / 17 Agustus 2018

Jumat, 6 Zulhijjah 1439 / 17 Agustus 2018

Piala Dunia Pertama Digelar Saat Depresi Ekonomi

Rabu 06 Juni 2018 22:05 WIB

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Israr Itah

Pada 13 Juli 1930, Prancis berhasil mengalahkan Meksiko dengan skor 4-1 dan Amerika Serikat (AS) berhasil mengalahkan Belgia dengan skor 3-0 dalam pertandingan sepak bola Piala Dunia pertama, yang digelar di Montevideo, Uruguay.

Pada 13 Juli 1930, Prancis berhasil mengalahkan Meksiko dengan skor 4-1 dan Amerika Serikat (AS) berhasil mengalahkan Belgia dengan skor 3-0 dalam pertandingan sepak bola Piala Dunia pertama, yang digelar di Montevideo, Uruguay.

Foto: FIFA
Piala Dunia tidak bisa dilepaskan dari depresi ekonomi yang melanda Eropa dan Amerika

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Piala Dunia dimulai ketika Presiden FIFA Jules Rimet ingin menggelar pertandingan internasional skala global. Piala Dunia pertama kali digelar pada 1930 di Uruguay. Piala Dunia pertama ini cukup menarik. Sebab, digelar ketika dunia sedang mengalami depresi ekonomi.

Piala Dunia tidak bisa dilepaskan dari depresi ekonomi yang melanda Eropa dan Amerika Utara saat itu. Dikutip dari Encyclopedia Britannica, pada tahun pertengahan 1925, Bank Federal Amerika atau FED menurunkan suku bunga untuk mendukung Bank Sentral Inggris menerapkan standar emas. Pasar saham pun bergairah dan jutaan warga Amerika Serikat meminjam uang di bank untuk diinvestasikan kembali ke bursa saham.

Terjadilah ledakan spekulatif yang menciptakan gelembung ekonomi pertama di dunia. Harga-harga saham meroket tajam sampai 3 September 1929. Tapi satu bulan kemudian tepatnya 24 Oktober 1929 harga saham terjun bebas. Hari yang dikenang sebagai Black Tuesday tersebut membuat pasar mengalami kerugian sebesar 14 miliar dolar Amerika Serikat.

Depresi besar ini baru berakhir pada tahun 1933. Artinya Piala Dunia pertama digelar selama depresi besar terjadi. Ketika itu negara-negara dari benua Amerika yang cukup bersemangat dengan ide Piala Dunia. Meski Amerika mengalami krisis moneter yang cukup berat tapi mereka tetap ingin berpartisipasi.

Argentina, Brasil, Bolivia, Cile, Mesiko, Paraguay dan Peru pun ingin ikut serta menjadi perserta Piala Dunia pertama. Depresi memang memberikan dampak ke Amerika Latin tapi tidak sebesar Amerika Serikat dan Eropa.

Kala itu, Uruguay sukses menjadi pemenang sepak bola pada Olimpade 1924 dan 1928. Uruguay pun ditunjuk sebagai tuan rumah Piala Dunia pertama. Beberapa negara Eropa pun turut berpartisipasi di Piala Dunia Uruguay 1930. Prancis, Romania, Belgia dan Yugoslavia menjadi peserta Piala Dunia dari daratan Eropa.

Akhirnya hanya 12 negara yang menjadi peserta Piala Dunia pertama tersebut. Meski terjadi kekacauan di Piala Dunia tersebut tapi ternyata Piala Dunia Uruguay 1930 bisa berjalan dengan sukses. Kecurangan dan buruknya keputusan wasit terus terjadi selama Piala Dunia tersebut berlangsung.

Secara mengejutkan, Amerika yang menolak menggelar sepak bola di Olimpade 1932 masuk semifinal tanpa sekali pun kebobolan. Tapi akhirnya mereka dibantai 1-6 oleh Uruguay. Argentina juga mengalahkan Yugoslavia 6-1 di semifinal.

Pada final, Uruguay sebagai tuan rumah bertemu dengan Argentina yang difavoritkan menjuarai Piala Dunia pertama ini. Bermain di Estadio Centenario, Montevideo, ternyata Uruguay berhasil mengalahkan Argentina 4-2. 

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari