Senin 14 Jul 2014 18:19 WIB

Warna-Warni Penutupan Piala Dunia 2014

Rep: CR02/ Red: Citra Listya Rini
Piala Dunia 2014 Brasil
Foto: bostinno.streetwise.co
Piala Dunia 2014 Brasil

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Piala Dunia 2014 yang berlangsung selama satu bulan di Brasil kini telah berakhir. Timnas Jerman berhasil keluar sebagai kampiun setelah mengalahkan Argentina 1-0 di Stadion Maracana, Senin (14/7) dini hari WIB.

Sebelum menggelar pertandingan final Piala Dunia, panitia penyelenggara melakukan upacara penutupan yang cukup meriah di Stadion Maracana. Jutaan pasang mata dihibur oleh berbagai hal menarik yang ditampilkan dalam upacara penutupan tersebut.

Menurut data FIFA lebih dari 1.000 orang terlibat dalam upacara penutupan yang menampilkan pagelaran musik serta budaya Brasil. Upacara penutupan Piala Dunia diramaikan oleh parade karnaval Samba yang secara simbolis mempertemukan dua free styler yang mewakili Timnas Jerman dan Argentina.

Kedua free styler itu menunjukan aksi jugling bola yang mempesona para penonton di tengah lapangan Stadion Maracana. Selanjutnya, penyanyi Shakira yang mengenakan gaun berwarna merah menyala membawakan lagu resmi Piala Dunia 2014 yang berjudul La La La bersama penyanyi asal Brasil, Carlinhos Brown.

Selain Shakira, Carlos Santana juga ikut berkontribusi dalam acara tersebut. Santana tampil membawakan lagu yang berjudul "We Will Find a Way" ditambah dengan medley lagu-lagu Brasil bersama dengan Alexandre Pires dan Ivete Sangalo. 

Dalam upacara penutupan Piala Dunia 2014, ada empat pesan yang terselip yaitu kebebasan, solidaritas, gairah, dan keanekaragaman. Kemudian para penari menampilkan kebudayaan dari 32 tim yang ikut serta dalam perhelatan akbar itu. Namun, yang menjadi fokus para penari yaitu dua finalis yang berlaga pada final Piala Dunia 2014 antara Jerman dan Argentina.

Pertandingan terbesar dalam sepakbola ini juga menarik beberapa selebriti untuk menyaksikan langsung. Tampak David Beckham memeluk Pele. Supermodel asal Brazil, Gisele Bundchen menonton bersama suaminya, bintang American Football AS Tom Brady. juga penyanyi Rolling Stones Mick Jagger tampak hadir di stadion Maracana.

Upacara Penutupan Piala Dunia 2014 itu juga disaksikan oleh Kanselir Jerman, Angela Merkel dan Presiden Rusia, Vladimir Putin yang datang langsung sekaligus menerima penyerahan simbolik Piala Dunia 2018 yang akan digelar di Rusia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement