Monday, 6 Safar 1440 / 15 October 2018

Monday, 6 Safar 1440 / 15 October 2018

Lima Gelandang Ini Diprediksi Bersinar di Rusia

Selasa 12 Jun 2018 20:01 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Selebrasi penyerang Kolombia James Rodriguez usai menjebol gawang Peru.

Selebrasi penyerang Kolombia James Rodriguez usai menjebol gawang Peru.

Foto: EPA-EFE/ERNESTO ARIAS
Pada 2 Piala Dunia terakhir, daftar pencetak gol terbanyak bukan hanya milik striker.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Piala Dunia tidak selalu menjadi ajang bagi para striker untuk membuktikan diri sebagai pemain tersubur. Sejarah membuktikan, dalam dua Piala Dunia terakhir, yaitu 2010 dan 2014, daftar pencetak gol terbanyak bukan hanya milik striker.

Pada 2010, misalnya, gelandang Belanda Wesley Sneijder menjadi pencetak gol terbanyak bersama tiga pemain lainnya dengan torehan lima gol. Sneijder kala itu sama-sama menjadi top skorer bersama dengan striker-striker berkelas, seperti Thomas Mueller, David Villa, dan Diego Forlan.

Begitu pula pada Piala Dunia 2014, secara mengejutkan, gelandang asal Kolombia James Rodriguez menjadi pemain paling subur, mengungguli Mueller, Neymar, hingga Lionel Messi. Karena prestasinya tersebut, James langsung diboyong oleh Real Madrid ke Santiago Bernabeu.

Berikut adalah nama gelandang yang diperkirakan bisa memberikan kejutan dengan gol-golnya pada Piala Dunia 2018 di Rusia, dikutip dari the National, Selasa (12/6).

1. Son Heung-min

photo

Son Heung-min

Memiliki julukan 'Sonaldo'. Ia dapat mengalahkan para pemain belakang dan mampu mencetak gol dengan satu kaki. Ia telah dibayangi oleh pemain top Tottenham Hotspur seperti Harry Kane dan munculnya Dele Alli. Namun, hal itu tak mengganggunya. Ia telah mencetak 39 gol selama dua musim terakhir dan 21 gol di tingkat internasional. Korea Selatan akan sangat bergantung padanya.

2. Dries Mertens 

photo

Striker Napoli Dries Mertens memberikan salam kepada fan pada laga Serie A lawan AS Roma di Olimpico, Sabtu (4/3)/ Mertens mencetak dua gol pada laga ini.

Piala Dunia 2018 adalah kesempatan terbaik Belgia untuk meraih kesuksesan Piala Dunia sebab Belgia memiliki tim bertabur bintang Liga Primer Inggris. Penonton dan lawan akan fokus pada Eden Hazard, Romelu Lukaku, dan Kevin de Bruyne. Namun, jangan abaikan pemain Napoli tersebut, setelah musim produktif lainnya di Serie A Italia. Ia telah mencetak 46 gol dalam dua tahun terakhir. Walaupun ia tidak begitu baik di Belgia, dengan hanya 13 gol dalam 66 laga, ia mencetak lima gol pada kualifikasi Piala Dunia.

3. Sadio Mane

photo

Sadio Mane

Akan menarik untuk melihat bagaimana pemain Senegal itu tampil tanpa rekan-rekannya dari Liverpool seperti Mohamed Salah dan Roberto Firmino. Polandia, Kolombia, dan Jepang di babak penyisihan grup tidak akan memberikan ujian yang lebih keras daripada yang ditawarkan di Liga Primer Inggris dan Liga Champions. Kecepatan Mane dan keterampilan menggiring bola membuat dia selalu dapat menciptakan peluang bagi dirinya sendiri ketika rekan setimnya tidak dapat melengkapinya.

4. Christian Eriksen

photo

Christian Eriksen saat mencetak gol kedua Denmark ke gawang Meksiko.

Tidak berlebihan untuk menganggap Denmark adalah tim satu orang. Sebab, ia merupakan pemain paling bersinar Denmark saat ini. Ia akan menjadi titik penting dengan mengambil set piece, mengatur permainan, dan mampu menendang dengan dua kaki yang sama baiknya. Gol kemenangannya dalam laga persahabatan Sabtu lalu atas Meksiko membuatnya mencetak 16 gol dalam 21 pertandingan internasionalnya.

5. Andre Silva

photo

Andre Silva.

Mungkin nama Silva tak masuk dalam perhitungan gelandang berbahaya. Namun, jangan lupa, tidak ada yang mengira bahwa James Rodriguez akan mengungguli Mueller dan Messi pada Piala Dunia 2014. Musim yang baik bersama Porto membuatnya dihargai mahal untuk hijrah ke Italia musim panas lalu. Walaupun dia tidak mencetak banyak gol di AC Milan, kondisi berbeda terjadi saat dirinya bersama Potugal. Selama kualifikasi Piala Dunia, ia mampu membuntuti Ronaldo dengan mencetak sembilan gol.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari