Senin 04 Jun 2018 19:58 WIB

Leroy Sane Dicoret dari Timnas Jerman

Manuel Neuer dimasukkan dalam tim yang berisikan 23 pemain untuk menuju Rusia.

Leroy Sane merayakan gol ke gawang Liverpool.
Foto: EPA-EFE/NIGEL RODDIS
Leroy Sane merayakan gol ke gawang Liverpool.

REPUBLIKA.CO.ID, BERLIN -- Gelandang serang Leroy Sane Senin (4/6), secara mengejutkan dicoret oleh Joachim Loew pada skuat final timnas Jerman untuk Piala Dunia 2018. Sementara, kiper Manuel Neuer dimasukkan dalam tim yang berisikan 23 pemain untuk menuju Rusia.

Neuer masuk skuat, meski hanya memainkan satu pertandingan resmi, pertandingan persahabatan melawan Austria pada Jumat, sejak mengalami patah tulang kaki pada September. Namun, Sane (22) merupakan pemain profil tertinggi yang dikeluarkan. Gelandang Manchester City itu, kiper Bernd Leno, penyerang Nils Petersen, dan bek Jonathan Tah merupakan empat pemain yang tidak selamat dari pemangkasan skuat sementara Loew.

Sane, yang bergabung dengan sang juara Inggris pada 2016, secara mengejutkan dimasukkan dalam skuat Jerman untuk Piala Dunia pada dua tahun silam. Namun, kali ini ia tidak diperlukan Loew. Pelatih lebih memilih memasukkan Julian Brandt yang memiliki lebih banyak keunggulan fisik.

"Ini merupakan keputusan yang sangat ketat antara dia dan Julian Brandt, untuk mengunggulkan Brandt," kata Loew. "Terdapat hari-hari yang lebih baik dalam kehidupan pelatih tim nasional, ketika Anda harus memulangkan empat pemain luar biasa, yang layak untuk berada di Piala Dunia."

"Itu seperti berada di bagian check-in di bandara dalam perjalanan menuju Moskow. Dan, Anda tidak diizinkan naik pesawat,'' katanya.

Kapten Jerman Neuer, yang memenangi Piala Dunia empat tahun silam, juga akan menjadi kiper pilihan pertama mereka untuk turnamen akbar itu, mengungguli Marc-Andre ter Stegen dan Kevin Trapp. "Uji-uji klinis benar-benar bagus," kata Neuer kepada para pewarta.

"Saya selalu melihat tujuan di depan saya. Saya tetap positif selama cedera dan jika saya tidak positif, saya tidak akan dimasukkan,'' kata Neuer. "Saya merasa berada dalam kondisi yang bagus dan sekarang fokus saya adalah Piala Dunia."

Loew mengumumkan skuatnya pada akhir pemusatan latihan di Italian Alps. Jerman akan memainkan pertandingan pemanasan terakhir mereka melawan Arab Saudi di Leverkusen pada Jumat, sebelum turnamen dimulai pada 14 Juni. Jerman menghuni Grup F bersama Swedia, Meksiko, dan Korea Selatan.

Timnas Jerman:

Kiper: Manuel Neuer (Bayern Munich), Marc-Andre ter Stegen (Barcelona), Kevin Trapp (Paris St Germain).

Bek: Jerome Boateng (Bayern Munich), Matthias Ginter (Borussia Moenchengladbach), Jonas Hector (Cologne), Mats Hummels (Bayern Munich), Joshua Kimmich (Bayern Munich), Marvin Plattenhardt (Hertha Berlin), Antonio Ruediger (Chelsea), Niklas Suele (Bayern Munich).

Gelandang: Julian Brandt (Bayer Leverkusen), Julian Draxler (Paris St Germain), Leon Goretzka (Schalke 04), Ilkay Gundogan (Manchester City), Sami Khedira (Juventus), Toni Kroos (Real Madrid), Thomas Mueller (Bayern Munich), Marco Reus (Borussia Dortmund), Sebastian Rudy (Bayern Munich), Mesut Ozil (Arsenal).

Penyerang: Mario Gomez (VfB Stuttgart), Timo Werner (RB Leipzig).

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement