Selasa 27 Mar 2018 22:08 WIB

Jajal Italia, Butland akan Kawal Gawang Inggris

Joe Hart tetap merupakan opsi untuk kiper Inggris yang paling berpengalaman.

Jack Butland
Foto: EPA/PETER SCHNEIDER
Jack Butland

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Kiper Stoke City, Jack Butland, akan mengawal gawang Inggris pada pertandingan persahabatan melawan Italia, Selasa (27/3). Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate meneruskan proses audisinya untuk Piala Dunia tahun ini di Rusia.

Southgate mengumumkan pilihan terakhirnya pada konferensi pers, Senin (26/3), menjelang pertandingan melawan Italia di Wembley. Joe Hart tetap merupakan opsi untuk kiper Inggris yang paling berpengalaman.

Namun demikian, Jordan Pickford asal Everton menjadi kiper inti saat Inggris menang 1-0 atas Belanda di Masterdam pada Jumat lalu dan sekarang Butland akan mendapatkan kesempatan untuk membuktikan diri. Kiper Burnley Nick Pope yang belum pernah membela timnas juga masuk dalam skuat.

"Tidak, (Pickford) tidak (melakukan sesuatu yang keliru saat melawan Belanda pada Jumat)," kata Southgate. "Pada awal pekan kami telah menentukan apa yang akan kami lakukan, memberikan keduanya kesempatan bermain untuk mendapat pengalaman.

Butland melakukan debutnya saat melawan Italia pada 2012 namun sejak itu ia baru lima kali memperkuat timnas Inggris. Ia absen dari Piala Eropa 2016 setelah mengalami patah pada pergelangan kakinya pada Maret tahun itu.

Kiper 25 tahun itu mencatatkan 28 penampilan di Liga Primer Inggris musim ini untuk Stoke yang terancam degradasi. Ia mencatatkan lima clean sheet dan kemasukan 51 gol.

Pickford telah kemasukan 50 gol untuk Everton musim ini, mengukir tujuh clean sheet dari 31 pertandingan Liga Primer Inggris. Baik Pickford maupun Butland terlihat mengungguli Hart, yang tidak menjadi kiper inti di West Ham United, pada persaingan memperebutkan posisi kiper utama skuat Inggris di Rusia.

Meski jumlah 101 gol yang bersarang ke gawang Pickford dan Butland akan menimbulkan kecemasan mengenai kualitas tim Southgate, keduanya berada di posisi yang bagus dalam tabel 'penyelamatan yang dilakukan'.

Menurut statistik Liga Primer Inggris, Butland memimpin daftar itu pada musim ini dengan 112 penyelamatan, sedangkan Pickford berada di urutan ketiga dengan 103 penyelamatan.

Bagaimanapun, Southgate tidak mencoret peluang Hart untuk tampil sebagai kiper utama Inggris saat melawan Tunisia pada laga pertama tim Tiga Singa di Rusia pada 18 Juni. "Profesionalisme Joe begitu brilian, ia selalu tampil bagus untuk kami dan kami memiliki catatan pertahanan terbaik di Eropa saat kualifikasi," jelas Southgate. "Bahkan meski kami tahu ia tidak akan bermain pada pertandingan-pertandingan pekan ini, ia memiliki pengaruh fantastis pada pemain-pemain lain dan kiper-kiper lainnya."

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement