Senin 16 Jul 2018 06:47 WIB

Deschamps Ungkap Kunci Sukses Prancis di Piala Dunia

Deschamps menilai timnya punya kualitas mental dan psikologi untuk jadi juara.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan
So
Foto: X00446
So

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Pelatih Prancis Didier Deschamps mengungkapkan, salah satu faktor kesuksesannya mengalahkan Kroasia di partai final dan menjadi juara Piala Dunia 2018, karena banyaknya pemain muda di skuat Les Blues. Deschamps menilai, anak-anak asuhnya mempunyai kualitas mental dan psikologi untuk menjadi juara.

Paling tidak, kata dia, ada 14 pemain muda yang memperkuat tim Ayam Jantan tersebut, dan sebagian besar baru pertama kali bermain di Piala Dunia.'''Namun justru kualitasnya ada di sana. Kebanggan terbesarku adalah tim ini mampu mengatasi mental mereka dalam turnamen. Saya mengulanginya setiap saat : Jangan menyerah, jangan atas segalanya,'' ucap Deschamps, dikutip dari situs resmi FIFA, Senin (16/7).

Deschamps mengakui bahwa timnya memang tidak bermain sempurna dan tidak bermain sebagaimana mestinya. Namun Paul Pogba Cs membuktikan bahwa mereka punya kualitas mental dan psikologis yang sangat menentukan dalam Piala Dunia.

Di babak pertama, pelatih berdarah Perancis tersebut menilai timnya tidak berbuat banyak dalam laga yang digelar di Luzhniki Stadium tersebut, meski unggul 2-1. Namun di babak kedua mereka mampu bangkit dan sempat unggul 4-1, sebelum Mario Mandzukic memperkecil ketertinggalan Kroasia jadi 4-2.

''Jadi pertanyaan yang selalu ditanyakan adalah: apakah Perancis juara yang indah? Baik, kami adalah juara dunia da Perancis menuju posisi tertinggi di dunia untuk empat tahun ke depan. Itu yang perlu kami ingat,'' ungkapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement