Sabtu 07 Jul 2018 23:11 WIB

Dua Gol Sundulan Loloskan Inggris ke Semifinal

Inggris untuk pertama kalinya kembali ke semifinal Piala Dunia sejak 1990.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Yudha Manggala P Putra
Pesepak bola Inggris Dele Alli mencetak gol kedua bagi Inggris pada laga babak perempat final Piala Dunia 2018 melawan Swedia, di Samara Arena, Sabtu (7/7).
Foto: AP/Thanassis Stavrakis
Pesepak bola Inggris Dele Alli mencetak gol kedua bagi Inggris pada laga babak perempat final Piala Dunia 2018 melawan Swedia, di Samara Arena, Sabtu (7/7).

REPUBLIKA.CO.ID, SAMARA -- Inggris ke babak semifinal Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak tahun 1990. The Three Lions lolos setelah mencetak dua gol sundulan tanpa balas ke gawang Swedia dalam laga babak perempat final Piala Dunia 2018, di Samara Arena, Rusia, Sabtu (7/7).

Gol pembuka dicetak oleh bek Harry Maguire pada babak pertama. Menyambut umpan tendangan sudut yang dilepaskan Ashley Young, Maguire berhasil menanduk gol pertamanya sepanjang mengikuti turnamen internasional pada menit ke-30.

Sementara gol kedua dicetak Dele Alli pada babak kedua, tepatnya menit ke-58. Lagi lagi lewat tandukan yang kali ini berawal dari umpan lambung Jesse Lingard ke tiang terjauh. Alli sukses menusuk ke depan melewati jebakan offside dan menyundul bola ke tengah gawang. Kiper Olsen telat membendungnya.

Kemenangan ini menjadi prestasi bersejarah bagi Inggris. Mereka sebelumnya hanya mampu dua kali melaju ke semifinal dalam delapan penampilan terakhir di Piala Dunia, yakni pada tahun 1966 dan 1990. Sementara bagi Swedia kekalahan ini merupakan yang ketiga kali dari empat pertemuan terakhir melawan Inggris.

Jalannya pertandingan

Sejak awal babak pertama Inggris berusaha mengambil alih permainan. Tim Tiga Singa kerap kali menggulirkan bola ke sisi sayap lapangan. Tapi pada menit ke-12 Swedia yang justru lebih dulu memiliki peluang mencetak gol.

Victor Claesson melepaskan tembakan dari luar kotak penalti. Tapi tembakannya melambung ke atas mistar gawang. Jordan Pickford terlihat emosional karena pemain bertahan Inggris membuka ruang untuk Claesson.

Pada menit ke-17 Ola Toivonen juga memiliki kesempatan. Ia berusaha mengejar bola yang mengarah ke area kotak penalti Inggris. Tapi penyerang Swedia tersebut mendapat penjagaan ketat dari John Stone.

Pada menit ke-19 giliran Inggris yang memiliki kesempatan mencetak gol. Harry Kane berhasil mendapatkan assist dari Raheem Sterling. Tapi usaha pemain berusia 24 tahun tersebut gagal menemui sasaran.

Akhirnya pada menit ke-30 Maguire berhasil mencetak gol. Gol ini menambah kepercayaan diri timnya. Setelah unggul 1-0 Inggris tetap semakin kuat menekan Swedia.

Jelang babak pertama berakhir Sterling dua kali memiliki kesempatan mencetak gol. Pertama pada menit ke-43 namun kiper Olson berhasil menahan tendangannya. Sterling yang kembali mendapat bola rebound berusaha melepaskan tembakan. Tapi hakim garis mengangkat bendera menandakan Sterling dalam keadaan offside.

Dua menit kemudian Sterling kembali memiliki peluang mencetak gol. Tapi tendangannya tidak akurat, bola menyamping setelah membentur kaki Andreas Granqvist. Sampai babak pertama berakhir tidak ada lagi gol yang tercipta.

Setelah unggul 1-0 di babak pertama Inggris tidak mengundurkan tekanan mereka di babak kedua. Mereka terus mencari celah untuk kembali mengusai jalannya permainan. Tapi Swedia juga tampil lebih aggresif agar bisa menyamakan kedudukan.

Pada menit ke-47 Marcus Berg memiliki kesempatan mencetak gol dengan meneruskan umpan Emil Forsberg melalui sundulannya tapi masih bisa diantisipasi oleh Pickford. Setelah itu Inggris kembali menguasai jalannya pertandingan.

Pada menit ke-58 Inggris menambahkan keunggulan. Dele Alli berhasil mendapatkan umpan silang akurat dari Jesse Lingard. Sundulannya pun membuat Inggris unggul 2-0.

Semakin terdesak Swedia menambah daya serang mereka. Pada menit ke-61 Claesson kembali memiliki peluang mencetak gol. Tapi lagi-lagi Pickford berhasil mempertahankan gawang The Three Lions.

Sampai akhir pertandingan Inggris terus mencari celah untuk menambah skor. Sepuluh menit jelang pertandingan berakhir Swedia memutuskan untuk tampil lebih terbuka. Namun Inggris kerap kali mampu mengeksploitasi kelengahan Swedia.

Pelatih Inggris Gareth Southgate terkesan sempat mencoba mengulur waktu dan mengistirahatkan sejumlah pemain intinya sejak unggul dua gol. Dele Alli sempat digantikan Fabian Delph pada menit 77. Lalu pada menit ke-91 Southgate mengganti Sterling dengan Marcus Rashford. Hingga menit akhir skor bertahan 2-0 untuk kemenangan Inggris.

Susunan Pemain:

Swedia (4-4-2): Robin Olsen; Emil Krafth, Victor Lindelöf, Andreas Granqvist (C), Ludwig Augustinsson; Viktor Claesson, Sebastian Larsson, Albin Ekdal, Emil Forsberg; Marcus Berg, Ola Toivonen

Pelatih: Janne Andersson

Inggris (3-1-4-2): Jordan Pickford; Kyle Walker, John Stones, Harry Maguire; Kieran Trippier, Dele Alli, Jordan Henderson, Jesse Lingard, Ashley Young; Raheem Sterling, Harry Kane

Pelatih: Gareth Southgate

Lihat tabel pertandingan Piala Dunia 2018 hingga perempat final Sabtu (7/7) malam WIB:

photo
Inggris ke semifinal. Lawannya adalah pemenang laga Rusia melawan Kroasia. (Sumber: Google)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement