Rabu 04 Jul 2018 18:39 WIB

Sejak Awal Southgate Yakin Inggris Bisa Atasi Kolombia

Inggris berhasil mengalahkan Kolombia 4-3 (1-1) melalui adu tendangan penalti.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Israr Itah
Pelatih Inggris Gareth Southgate meluapkan kebahagiaan setelah Inggris melaju ke babak 16 besar usai melawan Kolombia, Rabu (3/7), di Moskow, Rusia.
Foto: EPA
Pelatih Inggris Gareth Southgate meluapkan kebahagiaan setelah Inggris melaju ke babak 16 besar usai melawan Kolombia, Rabu (3/7), di Moskow, Rusia.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Sejak sebelum pertandingan, pelatih Inggris, Gareth Southgate, yakin timnya akan bisa mengalahkan Kolombia. Inggris berhasil mengalahkan Kolombia 4-3 (1-1) melalui adu tendangan penalti pada babak 16 besar, Rabu (4/7) dini hari WIB. 

"Ini malam di mana saya tahu kami akan melewati batasan. Kami memiliki daya juang dan yakin kami bisa melewati batas ini, apa pun yang harus dilakukan," kata Southgate, seperti dilansir dari Sky Sports, Rabu (4/7). 

Inggris lebih dulu unggul 1-0 saat Harry Kane berhasil mencetak gol melalui tendangan penalti pada menit ke-57. Tapi Yerry Mina menyamakan kedudukan pada menit ke-93. Pada waktu tambahan, kedua tim gagal mencetak gol sehingga laga pun diputuskan melalui adu tendangan penalti. 

"Kami memiliki keyakinan penuh dengan apa yang kami lakukan, sampai akhir, bahkan ketika tendangan pertama kami ditahan. Saya sudah sering melihat tendangan pertama yang berhasil ditahan bukan kunci hasil pertandingan," imbuh Southgate. 

Kemenangan atas Kolombia ini menjadi catatan tersendiri bagi Inggris. Inggris akhirnya lolos ke babak perempat final untuk pertama kalinya sejak Piala Dunia 2006. Meski menang melalui tendangan penalti Southgate tetap bangga dengan cara timnya bermain. 

"Saya pikir kami mengontrol jalannya pertandingan selama 90 menit, bermain dengan displin yang bagus. Kami sangat mengusai bola dan dalam pertandingan besar seperti sangat impresif bagi grup yang berisi pemain-pemain muda," kata Southgate.

Southgate menambahkan dalam laga tersebut semua pemain Inggris terlibat di dalamnya. Mencoba untuk meraih kemenangan dan lolos ke babak selanjutnya. Inggris menjalani pertandingan yang cukup keras. 

Dalam laga itu, Kolombia membuat 23 tiga pelanggaran sementara Inggris 13. Southgate mengakui usai pertandingan ini banyak pemain-pemainnya yang cedera. Ia menyamakan situasi ruang ganti timnas Inggris seperti cerita situasi komedi tentang rumah sakit tentara MASH.  

Lihat jadwal lengkap perempat final Piala Dunia 2018:

photo
Jadwal lengkap 8 besar Piala Dunia 2018

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement