Rabu 27 Jun 2018 23:37 WIB

Gilas Meksiko 3-0, Swedia ke 16 Besar Sebagai Juara Grup

Swedia unggul selisih gol dari Meksiko

Rep: Anggoro Pramudya/ Red: Hazliansyah
 Selebrasi pemain timnas Swedia setelah berhasil mencetak gol kedua ke gawang Meksiko pada pertandingan grup F Piala Dunia 2018 di Yekaterinburg Arena, Rabu (27/6).
Foto: AP/Martin Meissner
Selebrasi pemain timnas Swedia setelah berhasil mencetak gol kedua ke gawang Meksiko pada pertandingan grup F Piala Dunia 2018 di Yekaterinburg Arena, Rabu (27/6).

REPUBLIKA.CO.ID, EKATERINBURG -- Swedia sukses mengemas kemenangan telak 3-0 atas Meksiko pada matchday pamungkas Grup F Piala Dunia 2018 yang digelar di Stadion Ekaterinburg, Rabu (27/6) malam WIB. Berkat kemenangan tersebut, Si Kuning-Biru memastikan langkah ke babak 16 besar sebagai juara Grup F.

Meksiko memiliki peluang untuk menyudahi fase penyisihan grup sebagai pemimpin klasemen Grup F. Namun sayang Javier Hernandez dan kawan-kawan harus menyerah dengan tiga gol Swedia di babak kedua.

Adapun tiga gol the Blagult hadir melalui Ludwig Augustinsson pada menit ke-26, Andreas Granqvist menit ke-62, dan gol bunuh diri Edson Alvarez menit ke-74.

Babak pertama pertandingan lebih berpihak pada Meksiko yang menguasai jalannya pertandingan dengan penguasaan bola 66 persen berbanding 34 persen. Total 13 tembakan ke gawang lawan.

Namun sayang usaha El Tri mengurai lini belakang Swedia belum berhasil dalam 45 menit pertama. Skor kacamata bertahan hingga turun minum.

Tensi permainan sedikit meningkat. Swedia berhasil mencetak gol ketika peluit babak kedua baru berjalan lima menit. Menuntaskan umpan Viktor Claesson, tembakan kaki kiri Ludwig Augustinsson tak mampu dihalau kiper Meksiko, Guillermo Ochoa.

Swedia berhasil menggandakan kedudukan pada menit ke-62. Kapten Andreas Granqvist mencetak gol kedua bagi negaranya dari titik penalti, sepakannya tak bisa dihentikan Ochoa.

Kesebelasan yang menyingkirkan Italia di babak play-off ini mendapat penalti setelah Hector Moreno melakukan pelanggaran keras terhadap Marcus Berg.

Meksiko coba mencari gol balasan. Carlos Vela melepaskan umpan lambung. Bola berhasil disundul Carlos Salcedo pada menit ke-68. Sayang, bola melebar di sebelah kiri gawang Olsen.

Menit ke-74, Swedia menambah gol. Berniat menghalau serangan Swedia, sentuhan bek Meksiko, Edson Alvarez masuk ke gawangnya sendiri. Skor 3-0 bertahan hingga laga berakhir.

Kemenangan ini membuat Swedia memuncaki klasemen Grup F dengan nilai enam poin hanya unggul selisih gol dari Meksiko di posisi kedua. Sementara di pertandingan lain juara bertahan Piala Dunia 2014 Jerman resmi angkat koper dari hajatan empat tahunan sekali usai ditekuk Korea Selatan 0-2.

Adapun Swedia bakal berhadapan dengan runner-up Grup E pada 2 Juli mendatang di Stadion Samara.



Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement