Rabu 13 Jun 2018 17:36 WIB

Spanyol Pecat Lopetegui Sebagai Pelatih

Lopetegui dicopot dari jabatannya hanya 24 jam sebelum Piala Dunia dimulai.

Rep: Lintar Satria/ Red: Hazliansyah
Julen Lopetegui
Foto: AP Photo/Alberto Saiz
Julen Lopetegui

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) memutuskan memecat pelatih tim nasional mereka, Julen Lopetegui, hanya 24 jam sebelum Piala Dunia dimulai. Presiden RFEF Luis Rubiales mengatakan, pemecatan terhadap Lopetegui karena pelatih berusia 51 itu kedapatan bergabung dengan Real Madrid.

"Kami terpaksa memecat pelatih tim nasional kami. Kami mendoakan keberuntungannya," kata Rubiales seperti dilansir dari BBC, Rabu (13/6).

Rubiales mengatakan, RFEF baru mengetahui Lopetegui bergabung dengan Real Madrid hanya lima menit sebelum Lopetegui diumumkan sebagai pelatih baru Madrid. Rubiales mengatakan, Lopetegui melakukan negosiasi dengan Real Madrid tanpa sepengetahuan RFEF.

"Negosiasi telah terjadi tanpa informasi apa pun ke RFEF. Hanya lima menit sebelum pengumuman dilakukan. Ada tindakan yang seharusnya bisa dilakukan," kata Rubiales.

Rubiales mengetakan, situasinya menjadi sangat kompleks. Namun, ia yakin staf pelatih akan mengerahkan semua kemampuan mereka agar Spanyol dapat sukses di Piala Dunia Rusia ini.

"Di tim nasional Spanyol, Anda tidak bisa melakukan hal seperti ini," kata Rubiales menegaskan.

Rubiales mengakui Lopetegui sebagai salah satu pelatih terbaik. Ia menambahkan, sulit baginya memutuskan untuk memecat mantan kiper tim nasional Spanyol tersebut.

"Saya sangat mengagumi Julen, saya sangat menghormatinya, saya pikir ia pelatih top dan membuat keputusan ini sulit untuk dilakukan, saya tidak merasa dikhianati Lopetegui, ketika dia bersama kami, telah melakukan pekerjaan yang luar biasa," kata Rubiales menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement