Sabtu, 7 Zulhijjah 1439 / 18 Agustus 2018

Sabtu, 7 Zulhijjah 1439 / 18 Agustus 2018

Gol-Gol Sensasional di Piala Dunia Rusia Ini Layak Dikenang

Rabu 18 Juli 2018 10:00 WIB

Rep: Frederikus Dominggus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Luka Modric dari Kroasia menendang bola saat pertandingan perempat final antara Rusia dan Kroasia di Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht, di Sochi, Rusia, Sabtu, 7 Juli 2018.

Luka Modric dari Kroasia menendang bola saat pertandingan perempat final antara Rusia dan Kroasia di Piala Dunia 2018 di Stadion Fisht, di Sochi, Rusia, Sabtu, 7 Juli 2018.

Foto: AP/Pavel Golovkin
Sejumlah nama masuk kandidat pencetak gol terindah versi FIFA.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Piala Dunia 2018 di Rusia telah berakhir akhir pekan lalu. Prancis menjadi jawara di Negeri Beruang Merah.

Sejumlah trofi pribadi telah diraih. Kapten Kroasia Luka Modric menjadi pemain terbaik turnamen tersebut. Kylian Mbappe (Prancis) jadi pesepak bola muda terbaik. Harry Kane (Inggris), berstatus top skorer kompetisi terelite antarnegara itu.

Tapi masih ada satu gelar individu yang belum diraih. Penghargaan tersebut yakni gol terbaik atau juga gol terindah di turnamen ini. Sejumlah nama masuk kandidat versi Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA).

Republika.co.id mengumpulkan beberapa gol sensasional di Rusia. Pertama, gol ketiga kapten Portugal, Cristiano Ronaldo ke gawang Spanyol. Saat itu dua elite Eropa bertempur pada penyisihan Grup B, Piala Dunia 2018. Ketika laga memasuki menit-menit akhir pertandingan, tendangan bebas Ronaldo merobek jala David De Gea.

Laga di Fisht Stadium, Socchi, Sabtu (16/6) berkesudahan 3-3. Berikutnya masih di duel yang sama. Gol ketiga Spanyol ke gawang Portugal yang dilesakkan Nacho Hernandez juga patut diperhitungkan. Sepakan penggawa Real Madrid dari luar kotak penalti, meluncur mulus ke sudut gawang juara Eropa.

Selanjutnya, gol tendangan penyerang Belgia, Dries Mertens ke gawang Panama. Berawal dari clearance kurang sempurna dari pemain belakang lawan. Terjadi kemelut di kotak penalti. Mertens lantas melepaskan sepakan voli menembus jala debutan Piala Dunia itu.

Laga Kroasia melawan Argentina pada penyisihan Grup D menghadirkan gol indah lainnya. Hasil akhir tim catur unggul tiga gol tanpa balas, di Stadion Nizhny Novgorod, Jumat (22/6). Pada menit ke-80, gelandang serang the Blazers Luka Modric melepaskan sepakan terarah dari luar kotak penalti La Albicleste.

Tendangan Modric tak mampu dihalau penjaga gawang tim Tango, Willy Caballero. Puja-puji terhadap jagoan Madrid berdatangan. Salah satunya datang dari eks bek Los Blancos, Alvaro Arbeloa. "(Modric) Pemain nomor 10 terbaik dunia," tulis Arbeloa di media sosial miliknya.

photo

Pesepak bola Nigeria Ahmed Musa mencetak gol kedua ke gawang Islandia pada pertandingan grup D Piala Dunia 2018 di Volgograd Arena, Jumat (22/6).

Kemudian gol kedua penyerang Nigeria, Ahmed Musa ke gawang Islandia. Dua tim tersebut bertemu pada penyisihan Grup D. Berlari dari sisi kiri penyerangan timnya, pergerakan pemain bernomor punggung tujuh ini tak mampu diadang bek lawan.

Musa melewati sejumlah pemain belakang Islandia, termasuk kiper. Dengan tenang ia merobek jala wakil Eropa, membuka kans Super Eagles lolos ke babak berikutnya. Meski pada akhirnya langkah Nigeria kandas di penyisihan, aksi striker 25 tahun akan selalu dikenang.

Masih di grup yang sama. Gol bintang Argentina, Lionel Messi ke gawang Nigeria, masuk kandidat 18 gol terbaik Piala Dunia 2018. Mendapat umpan jauh dari tengah lapangan, Messi mengontrol bola sambil berlari.

Ketika memasuki kotak penalti, La Pulga ditempel ketat bek lawan. Dengan tendangan kaki kanan, sang kapten membuat kiper Francis Uzoho memungut bola dari gawangnya sendiri. La Albiceleste mengakhiri laga dengan kemenangan 2-1.

Gol bek kanan Prancis, Benjamin Pavard ke gawang Argentina patut diacungi jempol. Mendapat umpan dari Lucas Hernandez dari sisi kiri, penggawa Stuttgart itu melepaskan sepakan terarah, membobol jala raksasa Amerika Selatan. "Bisa mencetak gol seperti itu, saya tidak bisa mendeskripsikannya. Saya masih terbawa emosi," ujar Pavard, mengutip dari laman resmi FIFA.

Masih ada beberapa gol unik lainnya. Sepakan winger Argentina, Angel Di Maria ke gawang Prancis, salah satunya. Kemudian aksi individu jagoan Rusia, Denis Cheryshev diakhiri dengan tendangan lambung melengkung merobek jala Kroasia.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari