Saturday, 11 Safar 1440 / 20 October 2018

Saturday, 11 Safar 1440 / 20 October 2018

Adil Rami Putuskan Pensiun Usai Prancis Juara Dunia

Senin 16 Jul 2018 08:52 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Bayu Hermawan

Timnas Prancis merayakan gelar juara Piala Dunia 2018.

Timnas Prancis merayakan gelar juara Piala Dunia 2018.

Foto: AP Photo/Rebecca Blackwell
Rami telah tampil membela Prancis dalam 35 laga.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Adil Rami mengumumkan pensiun dari tim nasional usai Prancis menjuarai Piala Dunia 2018. Bek tengah Marseille itu membuat debut di tim nasional pada 2010 dan telah bermain sebanyak 35 laga untuk Les Bleus.

Meskipun dibawa ke Rusia oleh Didier Deschamps, pemain berusia 32 tahun tersebut sama sekali tidak dimainkan selama Piala Dunia. Hal itu wajar karema Deschamps punya pilihan banyak pemain muda berbakat di daftar pemainnya.

''Tim Prancis telah selesai untuk saya. Meski saya tidak bermain, saya siap kapanpun untuk main 90 menit,'' kata Rami, dikutip dari FourFourTwo, Senin (16/7).

Dirinya mengaku berlatih dua kali sehari untuk menjaga kebugarannya meski sudah berumur 32 tahun. Ia menilai Prancis adalah tim yang besar dengan atmosfer yang luar biasa. ''Saya telah melihat Prancis dengan atmosfer seperti itu, begitu banyak kebahagiaan, setiap hari, bahkan setelah pertndingan, sebelum pertandingan. Itu indah sekali,'' ucapnya.

Baca juga: Deschamps Ungkap Kunci Sukses Prancis di Piala Dunia

Seperti diketahui, Prancis berhasil menjadi juara Piala Dunia 2018 di Rusia. Skuat asuhan Didier Deschamps meraih gelar juara usai mengalahkan Kroasia dengan skor 4-2 di Stadion Luzhniki, Ahad (15/7). Sejumlah rekor baru tercatat dalam sejarah Piala Dunia FIFA dari laga tersebut.

Berikut rekor-rekor yang tercipta dalam laga final Prancis vs Kroasia:

1. Final Piala Dunia 2018 ini menjadi yang pertama kali dalam sejarah sepak bola Kroasia. Sebelumnya, prestasi tertinggi Kroasia adalah peringkat ketiga pada Piala Dunia 1998.

2. Gelar Piala Dunia kali ini merupakan yang kedua bagi Prancis. Terakhir, Les Bleus juara Piala Dunia pada 1998.

3. Didier Deschamps menjadi orang ketiga yang menjuarai Piala Dunia sebagai pemain dan juga pelatih. Dua orang yang pernah melakukan hal tersebut adalah Mario Zagallo (Brasil) dan Franz Beckenbaeur (Jerman).

4. Prancis menjadi negara pertama yang mencetak empat gol di final Piala Dunia sejak Brasil mengalakan Italia 4-1 pada 1970.

19. Kylian Mbappe menjadi pemain remaja (19 tahun) kedua yang mencetak gol pada final Piala Dunia setelah Pele pada 1958.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari