Jumat 29 Jun 2018 03:22 WIB

Belgia Tundukkan Inggris pada 'Duel Pemain Cadangan'

Belgia akan menghadapi satu-satunya wakil Asia, Jepang, di babak 16 besar.

Rep: Arif Satrio Nugroho/ Red: Friska Yolanda
 Pesepak bola Belgia Vincent Kompany menggendong anaknya usai laga melawan Inggris pada pertandingan Grup G Piala Dunia 2018 diKaliningrad Stadium, Kaliningrad, Jumat (29/6) dini hari WIB.
Foto: AP/Alastair Grant
Pesepak bola Belgia Vincent Kompany menggendong anaknya usai laga melawan Inggris pada pertandingan Grup G Piala Dunia 2018 diKaliningrad Stadium, Kaliningrad, Jumat (29/6) dini hari WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Belgia berhasil menundukkan Inggris pada lanjutan laga fase grup Piala Dunia Rusia 2018 pada Jumat (29/6). Kedua tim yang sama-sama menyimpan pemain terbaiknya tersebut lebih memilih menurunkan lebih banyak pemain cadangan. Pertandingan ini pun dimenangkan Belgia.

Gol semata wayang Adnan Januzaj yang dicetak Belgia pada menit ke-51 berhasil membuat Belgia menjadi pemuncak Grup G. Bermula dari umpan cantik gelandang Tielemans, Januzaj kemudian melanjutkan umpan tersebut dengan dribble. Lesatan keras kaki kiri mantan pemain Manchester United ini pun menembus penjagaan kiper Inggris, Pickford.

Sayangnya, setelah gol tersebut, serangan Belgia terasa kendur. Tidak terjadi serangan berarti dari Belgia di mana Inggris mulai melancarkan serangan setelah tertinggal satu gol.

Pada menit ke-66 peluang emas sempat tercipta untuk Inggris. Rashford sempat melesatkan tembakan dengan posisi satu lawan satu kiper Belgia, Courtois. Namun, peluang emas tersebut justru terbuang sia-sia. Tembakan pemain Manchester United itu melebar tak terarah setelah ditepis tipis oleh Kiper utama Chelsea itu.

Pergantian sejumlah pemain untuk merubah ritme permainan terjadi beberapa kali di babak kedua. Pada menit ke-74, bek Belgia Vincent Kompany mengganti Thomas Vermaelen untuk menebalkan pertahanan. Menit ke-79, Trent Alexander Arnold diganti Daniel Wellbeck untuk menambah momok serangan Inggris. Pada menit ke-86, pencetak gol Belgia Januzaj oun diganti Mertens.

Menjelang laga berakhir, yakni pada menit ke-89 tembakan keras adik Eden Hazard, Thorgan Hazard sempat mengejutkan pertahanan tim Inggris. Beruntung, tembakan tersebut berhasil ditepis oleh Pickford dan Belgia batal menggandakan keunggulannya. Pun demikian dengan Inggris, penyerang sekaliber Jamie Vardy juga tak berhasil mencetak satu angka pun

Dengan kemenangan ini, Belgia akan menghadapi satu-satunya wakil Asia, Jepang di babak 16 besar. Sedangkan Inggris harus menghadapi Radamel Falcao dan kawan-kawan, Kolombia.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement