Rabu 27 Jun 2018 07:32 WIB

Sampaoli: Pemain Argentina Sudah Sadar Mereka Hebat

Kemenangan Argentina menjawab kritik dan keraguan publik.

Rep: Febrian Fachri/ Red: Muhammad Hafil
Jorge Sampaoli
Foto: EPA-EFE/JAIME ECHEVARRIE
Jorge Sampaoli

REPUBLIKA.CO.ID,  SAINT PETERSBURG -- Pelatih Timnas Argentina Jorge Sampaoli lega akhirnya La Albiceleste lolos dari lubang jarum. Argentina maju ke 16 besar Piala Dunia 2018 Rusia usai mengalahkan Nigeria 2-1 di Stadion Saint Petersburg, Rabu (27/6)

Selain karena  kemenangan  dari Nigeria tersebut, Argentina juga terbantu oleh Kroasia yang di saat  bersamaan mengalahkan Islandia.

Sampaoli menyebut kemenangan perdana Argentina di Rusia ini karena semua pemainnya sudah kembali menemukan jati diri. Yaitu, bahwa mereka adalah tim besar yang berisikan pemain-pemain bintang dunia.

"Para pemain tahu bahwa mereka adalah pemain besar. Mereka ingin menunjukkan itu. Hari ini sangat baik, Menang melalui perjuangan sampai akhir," kata Sampaoli usai laga dikutip dari Sport Mole.

Argentina menang berkat gol Lionel Messi dan Marcos Rojo. Nigeria sempat membalas menyamakan kedudukan melalui penalti Victor Moses.

Argentina kini mengoleksi empat poin. unggul satu poin dari Nigeria dan berselisih lima poin dari pemuncak klasemen atau juara grup Kroasia. Lawan yang sudah menanti Argentina di babak 16 besar adalah Prancis. Big match atau final kepagian antara Argentina vs Prancis ini akan terjadi pada Sabtu (30/6) di Kazan Arena, Rusia.

Sampaoli menambahkan kemenangan ini sekaligus menjawab kritik dan keraguan publik kepada Tim Tango yang memetik dua hasil kurang memuaskan sebelumnya.

Menurut mantan pelatih Sevilla dan Timnas Cile itu, Argentina memang sudah terbiasa dengan momen-momen krusial. Hal yang sama juga mereka alami saat di babak kualifikasi Piala Dunia zona Conmebol di mana Argentina baru bisa memastikan lolos ke Rusia di saat-saat akhir.

Argentina bermain total melawan Nigeria karena tahu negara berjuluk Elang itu sebenarnya juga punya kans besar untuk lolos ke 16 besar. Nigeria butuh hasil seri saja dengan Argentina. Tapi Lionel Messi dan kawan-kawan kata dia sudah bertekad untuk menjadikan kemenangan sebagai harga mati.

"Para pemain sangat berani dan keberanian itu membuat gol kedua menjadi mungkin," ujar Sampaoli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement