Rabu 27 Jun 2018 03:10 WIB

Kroasia Raih Poin Penuh Usai Kalahkan Islandia

Ivan Perisic mencetak gol kemenangan Kroasia pada pertandingan ini.

Rep: Ronggo Astukoro/ Red: Yudha Manggala P Putra
  Pemain Kroasia Tin Jedvaj, kanan, berebut bola dengan pemain Islandia Hordur Magnusson, Rabu (27/6) WIB.
Foto: AP Photos
Pemain Kroasia Tin Jedvaj, kanan, berebut bola dengan pemain Islandia Hordur Magnusson, Rabu (27/6) WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, ROSTOV -- Tim nasional Kroasia berhasil meraih poin penuh setelah mengalahkan Islandia dengan skor 1-2. Para pemain Islandia kerap mengambil beberapa inisiatif serangan yang cukup membahayakan pertahanan Kroasia. Namun, hanya satu gol yang dapat mereka lesakkan ke gawang Kroasia.

Gol pertama Kroasia dicetak oleh Milan Badelj pada menit ke-53. Gol berawal dari umpan Josup Pivaric yang membentur pemain bertahan Islandia. Menyusuri sisi kanan pertahanan lawan, Pivaric mencoba memberikan umpan ke tengah kotak penalti.

Pantulan bola yang melambung itu kemudian berhasil disepak dengan keras oleh Badelj. Sebelum masuk ke gawang yang dikawal oleh Hannes Thor Halldorsson, bola memantul terlebih dahulu. Pantulan tersebut membuat Halldorsson tak dapat berbuat banyak untuk melakukan penyelamatan.

Tertinggal satu gol dari pemuncak klasemen tersebut tak membuat Islandia mengendurkan serangan. Beberapa kali serangan dari para pemain Islandia membahayakan gawang Lovre Kalinic. Pada menit ke-55, berawal dari lemparan ke dalam di wilayah Kroasia, Kalinic menyelamatkan gawangnya dari kebobolan. Sundulan Sverrir Ingi Ingason berhasil ditepis oleh kiper berusia 28 tahun itu.

Islandia baru bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-76 melalui titik putih. Derjan Lovren yang masuk enam menit sebelumnya menggantikan Marko Pjaca melakukan pelanggaran handball di dalam kotak penalti. Gylfi Sigurdsson sebagai algojo berhasil melakukan tugasnya dengan baik, skor menjadi 1-1.

Pada menit-menit akhir laga, Ivan Perisic berhasil mencetak gol kemenangan Kroasia. Menggiring bola di sisi kanan pertahanan Islandia, pemain Inter Milan tersebut menyepak bola dengan kaki kirinya. Tangan kiper Islandia menyentuh bola tersebut, tetapi arahnya tak berubah begitu jauh. Skor 1-2 untuk kemenangan Kroasia.

Skor tersebut bertahan hingga peluit akhir pertandingan dibunyikan oleh wasit asal Spanyol, Antonio Mateu. Dengan hasil ini, Islandia menjadi juru kunci Grup D dan langkah mereka di Piala Dunia terhenti. Sementara itu, Kroasia mantap di posisi puncak dengan koleksi sembilan poin dari tiga kemenangan beruntun.

Pada pertandingan lain, Argentina berhasil unggul 1-2 melawan Nigeria. Dengan demikian, Argentina menemani Kroasia untuk lolos ke babak 16 besar menyusul enam tim yang sudah memastikan diri lolos ke babak tersebut, yakni Uruguay, Portugal, Spanyol, Rusia, Prancis, dan Denmark.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement