Selasa 26 Jun 2018 10:19 WIB

Fernando Santos Anggap VAR Sudah Menjalankan Tugasnya

Portugal yang menempati runner-up Grup B akan meladeni Uruguay sebagai juara Grup A.

Fernando Santos
Foto: REUTERS/Ruben Sprich
Fernando Santos

REPUBLIKA.CO.ID, SARANSK -- Pelatih Portugal Fernando Santos menepis berbagai cemooh seputar keputusan melalui video asisten wasit (VAR) dan penampilan di bawah standar Cristiano Ronaldo. Ia menekankan para pemainnya agar mencapai tujuan utama mereka saat memetik hasil imbang 1-1 dengan Iran dan lolos ke putaran 16 besar Piala Dunia.

"Saya tidak khawatir (dengan tiga keputusan VAR)," kata Santos. 

Ia merasa itu hal normal dalam pertandingan. Wasit, kata dia, melakukan apa yang harus dilakukan.

"Saya pikir VAR melakukan tugasnya dan itulah yang harus kami terima," tegasnya.

Portugal yang menempati runner-up Grup B akan meladeni Uruguay sebagai juara Grup A. Laga akan berlangsung di Sochi pada 30 Juni. Sementara juara Grup B Spanyol akan menghadapi Rusia di Moskow pada 1 Juli.

"Yang penting adalah memikirkan babak 16 besar, berpikir tentang pertandingan, mengenal lawan Anda dan kemudian bersiap dengan baik secara mental dan fisik, terlepas dari apakah itu Uruguay atau tuan rumah," kata Santos tentang timnya.

Rusia, kata dia, memiliki dukungan besar dan awal turnamen yang sangat bagusS. Sementara Uruguay memiliki pemain berkualitas tinggi dan secara keseluruhan mereka semua sangat bagus.

"Tapi untuk Portugal, kami memiliki senjata dan kami akan mencoba untuk menang," kata Santos.

Ricardo Quaresma menempatkan Portugal unggul sebelum turun minum dengan gol indah dari luar kotak penalti. Ronaldo kehilangan kesempatan menggandakan keunggulan mereka delapan menit memasuki babak kedua ketika ia gagal mengeksekusi penalti dengan bantuan VAR.

Di sisi lain, Karim Ansarifard mendapat kesempatan menyamakan kedudukan untuk Iran pada menit-menit akhir setelah wasit memberikan penalti melalui bantuan VAR kedua untuk handball.

Wasit juga berkonsultasi dengan VAR sebelum memutuskan untuk tidak mengeluarkan Ronaldo dengan kartu merah setelah dia menyikut Morteza Pouraliganji di tengah lapangan sambil mengejar bola panjang.

 

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement