Sabtu 23 Jun 2018 12:19 WIB

Mental Kuat Jadi Kunci Kemenangan Mesiko Atas Jerman

Kemenangan atas Jerman menjadi langkah pertama atas kesuksesan Meksiko di masa depan.

Rep: Lintar Satria Zulfikar/ Red: Endro Yuwanto
Timnas Meksiko
Foto: Reuters/Carlos Barria
Timnas Meksiko

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Meksiko mencatatkan sejarah di Piala Dunia 2018 setelah mengalahkan juara bertahan Jerman 1-0 pada Ahad (17/6) pekan lalu. Pelatih mental dan psikologi Imanol Ibarrondo disebut sebagai orang yang berada di balik kesuksesan Meksiko.

Meksiko tampil dengan sangat baik di kualifikasi wilayah Amerika Utara dan Tengah pada tahun lalu. Meksiko lolos sebagai pemimpin klasemen dengan enam kemenangan, tiga hasil seri dan hanya satu kali kalah. Ibarrondo mengatakan, kepercayaan diri menjadi kunci kemenangan timnya atas Jerman.

"Pertama-tama harus datang dari pribadi sendiri, percaya pada diri sendiri, lalu datanglah kepercayaan diri dari rekan setim," kata Ibarrondo seperti dilansir dari situs resmi FIFA, Sabtu (23/6).

Ibarrondo yakin dengan rencana yang telah dibuat juga menjadi faktor penting. Yakin bahwa rencana dan taktik yang telah ditetapkan akan membawa tim memperoleh kemenangan.  "Faktor terakhir percaya pada pemimpin, yang membawa tim bersatu dan dalam hal ini ialah seorang pemimpin yang luar biasa dan yang memastikan para pemainnya mendengarkan dia dan menghormati ide-idenya.”

Ibarrondo yakin kemenangan atas Jerman menjadi langkah pertama atas kesuksesan Meksiko di masa depan. Ia mengatakan, selalu ada momen yang dapat mematahkan batasan-batasan mental.

Ibarrondo berharap kemenangan atas Jerman tersebut menjadi titik balik Meksiko. Ia membayangkan seorang anak Mesiko berusia 10 tahun menonton laga pertama dan melihat timnya mengalahkan Jerman. "Mulai dari sekarang mereka akan memandang hidup dengan cara yang berbeda, mereka akan berpikir bahwa apa pun mungkin terjadi," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement