Jumat 22 Jun 2018 20:06 WIB

Babak Pertama, Kosta Rika Tahan Imbang Brasil

Brasil mengawali pertandingan dengan lebih dominan.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Neymar terjatuh saat berebut bola dengan pemain kosta Rika Cristian Gamboa pada pertandingan grup E Piala Dunia  di St Petersburg Stadium di St. Petersburg, Rusia, Jumat (22/6).
Foto: AP/Alastair Grant
Neymar terjatuh saat berebut bola dengan pemain kosta Rika Cristian Gamboa pada pertandingan grup E Piala Dunia di St Petersburg Stadium di St. Petersburg, Rusia, Jumat (22/6).

REPUBLIKA.CO.ID, PETERSBURG -- Timnas Kosta Rika menahan imbang Brasil. Hasil laga babak pertama kedua kesebelasan pada pertandingan kedua Grup E Piala Dunia 2018 di Stadion Saint Peterburg, Jumat (22/6), berakhir dengan skor imbang tanpa gol.

Di pertandingan kali ini, pelatih Brasil Adenor Leonardo Bacchi ‘Tite’ memainkan formasi 4-2-3-1. Gabriel Jesus sebagai tumpuan di lini serang bersama Philippe Coutinho sebagai gelandang tengah. Keduanya dibantu duet gelandang Neymar Junior dan Willian.

Adapun pelatih Kosta Rika Oscar Ramirez melawan dengan pola 5-4-1. Marco Urena sebagai striker tunggal ditopang dua gelandang tengah Celso Borges dan David Guzman, serta Johan Venegas bersama Bryan Oviedo sebagai pemain sayap.

Brasil mengawali pertandingan dengan dominan. Lima menit pertama, para penggawa Kosta Rika bertahan, tapi mampu membuat beberapa serangan balasan. Neymar pada menit kesembilan membuat peluang lewat sepakan bebas. Namun sayang, umpannya ke depan gawang tak dimanfaatkan dengan baik.

Tak ada gol yang terjadi selama 10 menit laga. Di menit ke-13 serangan cepat gelandang bertahan Cristian Gamboa dari sisi kanan berhasil menggiring bola ke lini pertahanan Brasil. Pemain nomor punggung 16 tersebut memberikan umpan balik ke depan gawang.

Ada Borges yang sigap mengejar umpan dan langsung melepas sepakan. Sayang tendangan keras Borges melenceng ke sisi luar gawang. Papan skor masih kosong sampai menit ke-15. Brasil terus menekan. Tetapi pertahanan Kosta Rika disiplin menutup celah. Masih tak ada gol yang terjadi sampai menit ke-20.

Pada menit ke-26, sempat terjadi gol. Pemain belakang Marcelo membantu serangan dan berhasil menjemput bola di areal kotak 16 Kosta Rika. Marcelo memberikan umpan lambung kepada Jesus. Striker dengan nomor punggung 9 itu cepat menyambut umpan dengan sepakan voli dari kaki kirinya.

Tendangan keras Jesus berhasil membungkam kiper Keylor Navas dan mengantarkan bola ke dalam gawang. Tapi sayang hakim garis melambaikan bendera tanda Jesus dalam posisi offside. Wasit menganulir gol tersebut. Papan skor kembali 0-0. Papan skor bertahan tanpa isi sampai setengah jam pertandingan.

Brasil terus menekan dan menguasai pertandingan. Kosta Rika nyaris cuma mengandalkan serangan-serangan balasan untuk melawan. Pada menit ke-38, lagi-lagi Marcelo yang membantu lini serang berhasil melepaskan tendangan keras dari dekat gawang.

Sepakan benteng milik Real Madrid tersebut tepat ke arah gawang. Namun kiper Navas, sesama Real Madrid, berhasil menjinakkan sepakan Marcelo yang kini menjadi rivalnya itu. Upaya Brasil membuka keunggulan kembali gagal.

Sampai memasuki menit ke-40-an, meski Brasil mendominasi 65 persen lalu lalang bola, tetap tak mampu menjebol gawang Kosta Rika. Sampai menit ke-45, skor tetap 0-0. Wasit memberikan tambahan waktu dua menit. Namun kedua kesebelasan juga tak mampu membuat gol. Babak pertama berakhir imbang tanpa gol.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement