Rabu 20 Jun 2018 03:04 WIB

Rusia Bungkam Mesir dengan Skor 3-1

Skor tunggal Mesir berasal dari sumbangan Mohamed Salah.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Reiny Dwinanda
Mohamed Salah mencetak gol tunggal bagi Mesir lewat penalti dalam pertandingan grup A di Piala Dunia Sepak Bola 2018 di stadion St. Petersburg di St. Petersburg, Rusia, Selasa, (19/6). Rusia membungkam Mesir 3-1 dalam laga ini.
Foto: AP
Mohamed Salah mencetak gol tunggal bagi Mesir lewat penalti dalam pertandingan grup A di Piala Dunia Sepak Bola 2018 di stadion St. Petersburg di St. Petersburg, Rusia, Selasa, (19/6). Rusia membungkam Mesir 3-1 dalam laga ini.

REPUBLIKA.CO.ID, SAINT PETERSBURG -- Rusia kembali menjawab kritikan berbagai pihak atas performa mereka di Piala Dunia dengan memenangkan laga kedua Grup A melawan Mesir. Rusia mampu membukam Mesir dengan skor 3-1.

Tiga angka itu diperoleh Rusia lewat satu gol bunuh diri dan dua gol yang disumbangkan Denis Cheryshev dan Dzyuba. Sementara itu, Mesir memperkecil ketertinggal lewat gol Mohamed Salah.

Jalannya Pertandingan
Rusia langsung menekan sejak awal pertandingan. Terbukti, lima menit awal tuan rumah dua kali membahayakan gawang El-Shenawy melalui sundulan Ignashevich dan tendangan Golovin.

Hingga sepuluh menit pertama, Rusia terus menekan Mohamed Salah dan kawan-kawan. Alhasil, Mesir hampir tak pernah memasuki pertahanan Rusia.

Namun, setelah 10 menit terlewati, Mesir mulai panas dengan berbalik menekan. Mereka bahkan mendapatkan tiga kali tendangan sudut beruntun. Trezeguet pun sempat mengancam gawang Rusia lewat tendangannya yang sedikit melebar.

Rusia berbalik mengancam. Kali ini, melalui tendangan dari luar kotak penalti Cheryshev di menit ke-19. Tetapi, tendangannya masih di atas mistar gawang.

Sementara itu, Mohamed Salah hampir membuat Mesir unggul jika saja tendangannya tak melebar di menit ke-41.  Penyerang Liverpool itu memang jarang mendapat supply bola yang memadai untuk memberikan ancaman terhadap lawan. Skor 0-0 bertahan hingga turun minum.

Memasuki babak kedua, Mesir justru berbuat kesalahan fatal. Fathi yang berusaha membuang bola, malah melesakkannya ke gawang sendiri dua menit babak kedua berjalan. Tuan rumah pun diuntungkan 1-0.

Rusia mampu menggandakan keunggulan menjadi 2-0 pada menit ke-59 melalui Denis Cheryshev. Dia memanfaatkan umpan Mario Fernandes.

Mesir benar-benar dibuat frustasi oleh tuan rumah saat tiga menit kemudian Artyom Dzyuba menambah keunggulan Rusia menjadi 3-0.

photo
Artyom Dzyuba (kanan) mencetak gol pembuka bagi Rusia saat melawan Mesir dalam pertandingan grup A di Piala Dunia Sepak Bola 2018 di stadion St. Petersburg di St. Petersburg, Rusia, Selasa (19/6). (AP)


Mesir kesulitan membuka peluang karena mereka banyak kehilangan bola, dengan umpan-umpan yang tidak akurat. Koordinasi antar pemain juga tidak berjalan baik. Trezeguet hampir memperkecil ketertinggalan Mesir di menit ke-67, tapi tendangannya masih melebar.

Mohamed Salah akhirnya mampu mengurangi defisit gol mereka lewat titik putih di menit ke-72 dan mengubah kedudukan menjadi 3-1. Gol tersebut menjadi pemacu semangat skuat asuhan Hector Cuper untuk terus menyerang.

Di lain sisi, para pemain Rusia melakukan penguasaan bola dan bertahan dengan baik. Mesir terlalu memaksakan bermain bola atas, padahal mereka kalah tinggi badan. Hingga tambahan waktu 4 menit, tuan rumah unggul 3-1.

Dengan hasil ini, Rusia berada di puncak klasemen Grup A dengan 6 poin. Raihan itu membuat Rusia berhasil lolos ke fase knock out. Sementara itu, Mesir berada di dasar klasemen karena dua kali kalah. Sebelumnya, Mesir ditekan Uruguay 0-1 pada Jumat (15/6) lalu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement