Selasa, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Selasa, 15 Muharram 1440 / 25 September 2018

Jepang Balaskan Dendam 2014 pada 10 Pemain Kolombia

Selasa 19 Juni 2018 21:05 WIB

Rep: Febrian Fachri/ Red: Hazliansyah

Para pemain Jepang merayakan gol Yuya Osako (tengah) pada laga lawan Kolombia, Selasa (19/6).

Para pemain Jepang merayakan gol Yuya Osako (tengah) pada laga lawan Kolombia, Selasa (19/6).

Foto: TWITTER/@FIFAWorldCup
Kala itu Kolombia menang 4-1 dan membuat Jepang gagal lolos ke 16 besar

REPUBLIKA.CO.ID, MORDOVIA -- Jepang berhasil membalaskan dendam 2014 lalu dari Kolombia. Tim Samurai Biru memetik kemenangan 2-1 atas Tricolor di Mordovia Arena, Selasa (19/6) malam WIB.

Gol kemenangan Jepang tercipta lewat penalti Shinji Kagawa di menit ke enam dan sundulan Yuya Osako di menit 73. Balasan pasukan asuhan Jose Pekerman tercipta di menit 39 lewat tendangan bebas Juan Quintero.

Jepang mendapatkan hadiah titik putih sejak menit enam setelah bek Tricolor, Carlos Sanchez menyentuh bola dengan tangan di kotak terlarang. Wasit asal Slovenia Domir Skomina langsung menunjuk titik putih.

Keputusan ini menyebabkan Sanchez kemudian diusir wasit dengan kartu merah. Pemain RCD Espanyol itu melontarkan protes keras sehingga ia dianggap telah mengganggu ketenangan wasit mengambil keputusan.

Kagawa yang menjadi eksekutor dengan tuntas melaksanakan tugasnya lewat sepakan terukur. Tendangan mendatar pemain Borussia Dortmund itu meluncur pelan ke gawang Kolombia yang dijaga David Ospina.

Bermain dengan 10 orang nyatanya tak menyurutkan optimisme Kolombia untuk mencuri angka. Kapten Radamel Falcao menginisiasi serangan berbahaya sehingga pemain bertahan Samurai Biru Makoto Hasebe harus melanggarnya di depan kotak penalti.

Juan Quintero yang mengambil tendangan bebas dengan cerdik melepaskan tendangan yang mengecoh pagar betis Jepang. Quintaro menendang dengan mendatar di bawah kaki para pagar betis Jepang yang menduga bola akan melayang di atas kepala mereka.

Bola sepakan Quintero sebenarnya dapat diamankan kiper Jepang Eiji Kawashima. Namun wasit memutuskan bola sudah melewati gawang sehingga skor bertambah untuk Kolombia. Wasit tak sedikitpun mengabaikan protes dari Kagaawa dan kawan-kawan yang menilai bola belum melewati garis gawang.

Gol Quintero ini menjadi yang terakhir di babak pertama. Skor 1-1 bertahan sampai turun minum.

Babak kedua dimulai, Kolombia mencari akal demi menjaga peluang memetik angka. Pekerman memasukkan bintang James Rodriguez dan menarik Quintero keluar.

Namun Jepang tetap mampu memanfaatkan keunggulan pemain. Di menit 73, pemain pengganti Jepang Keisuke Honda melepaskan umpan matang ke ke depan. Striler Koln Yaya Osako dengan tepat menyundul bola yamh kemudian mendarat sempurna di gawang Ospina.

Gol Osako ini menjadi skor penutup laga ini. Jepang sukses menggondol tiga angka di laga pertama grup H. Kemenangan ini sekaligus membalaskan dendam Jepang atas Kolombia.

Kolombia asuhan Pekerman adalah tim yang menyingkirkan Jepang dari penyisihan grup Piala Dunia 2014 Brasil. Ketika itu Kolombia membenamkan Jepang 4-1 di laga pamungkas sehingga Jepang mendekam di dasar klasemen grup.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari