Ahad 17 Jun 2018 04:02 WIB

Kroasia Taklukkan Nigeria Dua Gol tanpa Balas

Gol kedua Kroasia tercipta dari titik penalti. Luka Modric mengeksekusinya sempurna.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Yudha Manggala P Putra
Tim Nasional Kroasia
Foto: AP Photo/Efrem Lukatsky, File
Tim Nasional Kroasia

REPUBLIKA.CO.ID, KALININGRAD -- Tim nasional Kroasia mengawali kampanye Piala Dunia 2018 dengan hasil sempurna. Menghadapi Nigeria pada laga perdana Grup D, di Kaliningrad Stadium, Rusia, Ahad (17/6) dini hari WIB, wakil Eropa itu unggul dua gol tanpa balas.

Tempo lambat diperagakan kedua kubu sejak kick off. Tim catur mendominasi. Meski begitu peluang perdana justru diperoleh Nigeria.

Pada menit ke-12, John Obi Mikel berhasil mencuri bola dari kaki Luka Modric. Eks jagoan Chelsea melepaskan umpan ke kotak penalti lawan. Namun penjaga gawang Danijel Subasij mampu menangkap bola tersebut.

Tiga menit berselang, giliran Kroasia mendulang kans. Sepakan jarak jauh Andrej Kramaric, melenceng dari sasaran. Setelahnya bola lebih banyak berkutat di lapangan tengah.

Hingga pada menit ke-32, wakil Eropa memecah kebuntuan. Berawal dari sepak pojok yang dilesakkan Modric, disambar Ante Rebic dengan sundulan. Mario Mandzukic meneruskan bola yang datang dengan tandukan.

Terjadi kemelut. Bola hasil tandukan Mandzukic mengenai Oghenekaro Etebo hingga meluncur mulus ke gawang Nigeria. Gol bunuh diri tersebut menjadi satu-satunya gol pada babak pertama. Skor 1-0 untuk keunggulan Kroasia bertahan hingga turun minum.

Usai jeda, anak-anak Afrika meningkatkan tempo permainan. Beberapa kali Nigeria membangun serangan melalui Victor Moses di sayap kanan. Namun, sederet umpan penggawa Chelsea ini, belum mampu menaklukkan Subasic.

Pada menit ke-70, Kroasia memperbesar keunggulan. Berawal dari pelanggaran William Troost-Ekong kepada Mandzukic di kotak terlarang, hadiah penalti diberikan. Modric yang menjadi algojo menunaikan tugasnya dengan baik.

Di sisa waktu yang ada, Nigeria terus berupaya mengejar ketertinggalan. Sebaliknya Kroasia tampak tenang mengendalikan permainan. Hingga laga berakhir, skor 2-0 untuk skuat polesan Zlatko Dalic tidak berubah.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement