Sabtu 16 Jun 2018 00:18 WIB

Catatan Penting Kemenangan Iran Atas Maroko

Iran menang tipis 1-0 atas Maroko lewat gol bunuh diri.

Rep: Lintar Satria/ Red: Andri Saubani
Para pemain Iran merayakan kemenangan atas Maroko pada laga pembuka Grup B Piala Dunia 2018, di Stadion St Petersburg, Rusia, Jumat (15/6).
Foto: AP Photo/Themba Hadebe
Para pemain Iran merayakan kemenangan atas Maroko pada laga pembuka Grup B Piala Dunia 2018, di Stadion St Petersburg, Rusia, Jumat (15/6).

REPUBLIKA.CO.ID, SAINTPETERSBURG -- Iran akhirnya berhasil memenangkan laga pertama Grup B melawan Maroko, 1-0, pada Jumat (15/6). Mereka harus menunggu hingga injury time untuk dapat mengamankan raihan tiga angka penuh pada laga perdana mereka di Rusia.

Iran berhasil menang lewat gol bunuh diri yang dilakukan Aziz Bouhaddouz. Kemenangan ini juga menghentikan rekor buruk Iran yang tak pernah menang pada 12 pertandingan Piala Dunia mereka. Berikut beberapa catatan penting kemenangan Iran 1-0 atas Maroko di Stadion Saintpetersburg.

  • Gol Bouhaddouz dalam laga ini menjadi gol bunuh diri pertama di Piala Dunia 2018. Ia juga pemain pengganti pertama yang mencetak gol di Piala Dunia Rusia ini.
  • Maroko dan Iran belum pernah bertemu di Piala Dunia sebelumnya. Keduanya hanya satu kali menjalani pertandingan persahabatan yang berakhir dengan hasil seri.
  • Piala Dunia 2018 ini menjadi Piala Dunia kelima bagi Maroko. Namun Piala Dunia 2018 ini menjadi Piala Dunia pertama mereka setelah absen selama 20 tahun. Terakhir kali Maroko tampil di Piala Dunia pada tahun 1998 di Perancis.
  • Prestasi terbaik Maroko terjadi pada tahun 1986 ketika mereka berhasil lolos ke babak-16 besar. Namun mereka tidak pernah lebih baik dari itu.
  • Maroko hanya mampu berhasil memenangkan dua dari 13 pertandingan terakhir mereka di Piala Dunia. Dengan total empat kali seri dan tujuh kali. Maroko juga tidak pernah memenangkan pertandingan perdana mereka di Piala Dunia dan rekor ini terus berlanjut setelah kalah dari Iran dalam pertandingan perdana mereka di Piala Dunia 2018 ini.
  • Tidak satu pun 12 gol yang Maroko cetak di Piala Dunia berasal dari set piece. Semuanya terjadi ketika laga berjalan terbuka.
  • Maroko satu-satunya tim yang sama sekali tidak kebobolan di enam pertandingan babak ketiga kualifikasi Piala Dunia wilayah Afrika. Mereka bahkan tidak pernah kalah selama kualifikasi.


Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement