Jumat 15 Jun 2018 12:05 WIB

Hierro tak akan Ubah Gaya Bermain Spanyol

Ia menyatakan La Roja akan tetap bermain indah dan memiliki strategi sangat jelas.

Fernando Hierro (kanan) saat memimpin latihan timnas Spanyol.
Foto: EPA-EFE/RONALD WITTEK
Fernando Hierro (kanan) saat memimpin latihan timnas Spanyol.

REPUBLIKA.CO.ID, SOCHI -- Fernando Hierro menegaskan tidak akan mengubah banyak hal dari Spanyol pada pertandingan pembuka Piala Dunia 2018 mereka kontra Portugal, Sabtu (16/6) dini hari WIB. Hierro dipercaya menangani tim nasional Spanyol setelah Juln Lopetegui didepak pada Rabu (13/6).

"Kami tidak akan menyimpang sedikit pun dari konsep sepak bola kami dan apa yang telah kami lakukan sejak lama," kata mantan bek Spanyol dalam konferensi pers di Sochi, Rusia, Kamis (14/6).

Ia mengatakan, orang-orang akan melihat skuat Spanyol sebagaimana biasanya, yang suka menjadi protagonis dalam pertandingan. Ia menyatakan La Roja akan tetap bermain indah dan memiliki strategi yang sangat jelas.

"Kami telah bekerja selama dua pekan penuh sebelum kompetisi. Kami masih memiliki banyak staf pelatih dari sebelumnya, kami memiliki prinsip-prinsip dengan sangat jelas dalam pikiran, dan kami tidak akan mengubah realitas itu dalam semalam," tegasnya.

Diapit oleh kapten tim Sergio Ramos, Hierro yang santai tampaknya telah menempatkan turbulensi sepanjang 36 jam sebelumnya di belakangnya. Dia menekankan bahwa hanya sedikit yang akan berubah di bawah kepemimpinannya.

"Kami harus menghormati pekerjaan yang telah dilakukan selama dua pekan terakhir menjelang Piala Dunia," kata pria berusia 50 tahun itu.

Bahkan jikapun ia menginginkannya, Hierro tidak memiliki waktu untuk mengubah gaya permainan Spanyol menjelang pertandingan pertama mereka. 

Mantan kapten Spanyol ini mengatakan, ia menghormati Portugal sebagai juara Eropa. Apalagi, Selecao das Quinas memiliki Ronaldo dan pelatih pengalaman dalam diri Fernando Santos. Tetapi, kata Hierro, Spanyol juga percaya sepenuhnya pada kekuatan sendiri.

Hierro menggambarkan kiprah mereka di Grup B seperti melakoni tiga final. Hierro meminta seluruh 23 pemain harus memberikan semua kemampuan mereka jika Spanyol ingin berhasil di Rusia.

"Untuk memenangkan permainan ini, kami perlu melakukan pekerjaan rumah kami. Kami perlu tahu bahwa kami sepenuhnya bugar dan dipersiapkan dengan baik di sana," ujar dia. 

Dua pekan terakhir, kata Hierro, Spanyol berlatih dengan cukup intens. Secara jelas, ia menekankan keinginan Spanyol untuk memetik kemenangan atas Portugal dari keseriusan mereka mempersiapkan diri.

sumber : Antara/Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement