Friday, 10 Safar 1440 / 19 October 2018

Friday, 10 Safar 1440 / 19 October 2018

Blatter Dilaporkan akan Saksikan Piala Dunia di Rusia

Rabu 13 Jun 2018 05:35 WIB

Red: Israr Itah

Sepp Blatter

Sepp Blatter

Foto: Steffen Schmidt, Keystone via AP
Blatter menerima undangan terbuka dari Presiden Rusia Vladimir Putin

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Mantan presiden FIFA yang sedang dijatuhi hukuman, Sepp Blatter, menerima undangan terbuka dari Presiden Rusia Vladimir Putin untuk menghadiri Piala Dunia di Rusia. Blatter berniat untuk memenuhi undangan itu, kata juru bicara Blatter, Thomas Renggli, Selasa (12/6).

Blatter, yang memimpin badan sepak bola dunia selama 17 tahun, diskors dari olahraga ini selama enam tahun. Ia dianggap melanggar kode etik pada 2015 di tengah skandal korupsi terbesar yang menggoncang FIFA.

Sejumlah pejabat badan tersebut telah ditahan oleh otoritas AS dan Swiss. Blatter tidak ditahan dan ia membantah tudingan melakukan pelanggaran.

Kehadiran pria 82 tahun itu di Piala Dunia dapat membuat dirinya berdekatan dengan suksesornya, Gianni Infantino, yang telah menarik garis tegas untuk memisahkan dirinya dengan skandal-skandal pada masa lalu. FIFA tidak berkomentar ketika ditanyai mengenai rencana Blatter.

Baca juga: Menanti Sepak Terjang Bintang Gaek di Piala Dunia 2018

Renggli mengatakan, pria Swiss itu belum memutuskan apakah ia akan melakukan perjalanan ke Rusia atau apa pertandingan yang akan ia saksikan. Yang jelas, Blatter tidak akan menghadiri upacara pembukaan atau pertandingan perdana antara Rusia melawan Arab Saudi pada Kamis (14/6).

Blatter merupakan presiden FIFA ketika Rusia memenangi hak untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia pada 2010, mengungguli Inggris, serta beberapa negara lainnya, dalam pencalonannya. Pada 2015, Putin mengatakan Blatter layak mendapatkan hadiah Nobel untuk pengabdiannya terhadap badan sepak bola dunia, dan ia yakin bahwa Blatter bukan orang yang terlibat dalam aktivitas korupsi.

Juru bicara Kremlin, Dmitry Peskov, mengatakan pada Oktober bahwa baik Blatter dan mantan presiden UEFA Michel Platini, akan disambut di Piala Dunia sebagai "kawan lama" presiden Rusia. Platini juga tengah menjalani hukuman skorsing.

Piala Dunia akan berlangsung di 11 kota dan menggunakan 12 stadion. Pembukaan berlangsung pada Kamis ini dan berakhir 15 Juli.

Ikuti info menarik seputar Piala Dunia 2018 di: Instagram @Republikbola37Twitter @Republikbola37 dan Facebook @Republikbola37

Sumber : Antara/Reuters
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 

Jadwal Pertandingan

Selengkapnya
 
Terpopuler
 
Terkomentari