Jumat 08 Jun 2018 17:38 WIB

Piala Dunia 2018 Didominasi Pemain dari Liga Primer Inggris

Liga Mesir juga menyumbang banyak pemain dengan jumlah mencapai 18 orang.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Endro Yuwanto
Manchester City juara Liga Primer Inggris musim 2017/2018
Foto: Twitter/Manchester City
Manchester City juara Liga Primer Inggris musim 2017/2018

REPUBLIKA.CO.ID, MANCHESTER -- Piala Dunia 2018 diikuti sebanyak 32 negara peserta. Di luar negara tuan rumah Rusia, negara-negara daratan Eropa masih mendominasi partisipasi pesta sepak bola terakbar di dunia tersebut dengan keterwakilan 14 negara peserta.

Piala Dunia tahun ini total akan melibatkan sebanyak 736 pemain. Masing-masing negara peserta memiliki maksimal 23 penggawa. Tim-tim dari kompetisi Liga Primer Inggris tercatat paling banyak mengantarkan para pemainnya ke gelaran Piala Dunia.

Tercatat ada 124 pemain yang tampil di Piala Dunia punya nama di kompetisi Liga Primer Inggris. Lima klub dari Liga Primer yang mendominasi deretan pemain di Piala Dunia, yakni Manchester City, Chelsea, dan Tottenham Hotspur, Manchester United (MU), dan Liverpool.

Lima tim ini mengantarkan sedikitnya 52 pemain. Para pemain City paling banyak dengan mengantarkan 16 nama. Klub kedua terbanyak yakni dari Chelsea dan Spurs yang masing-masing mengantarkan 12 pemain. Musim ini, MU tercatat cuma mengantarkan 11 pemain.

Adapun La Liga Spanyol berada di bawah Liga Primer Inggris sebagai tempat para pemain Piala Dunia 2018 berkompetisi. Tahun ini, tercatat ada 81 pemain dari La Liga yang akan berlaga di Piala Dunia.

Jumlah pemain tersebut masih didominasi para penggawa dari Real Madrid sebanyak 15 pemain. Barcelona memulangkan 14 pemainnya ke negara masing-masing demi tampil di Piala Dunia. Terakhir ada Atletico Madrid dengan sembilan pemain.

Paling menarik Piala Dunia tahun ini dengan partisipasi Mesir. Negara Piramida itu kembali tampil di Piala Dunia setelah 28 tahun tak pernah mentas di gelaran sepak bola terbesar sejagat itu.

Dari Liga Mesir, dominasi pemainnya juga lumayan dengan 18 pemain. Di timnas Mesir, dari 23 pemain, sembilan di antaranya bermain bersama klub Al-Hilal FC dan sembilan pemain lainnya bermain di Al-Ahli FC. Pemain lainnya berkompetisi bersama klub-klub di Eropa, seperti Mohamed Salah yang bermain bersama Liverpool.

Liga dan Klub Terbanyak yang Mengantarkan Pemainnya ke Piala Dunia 2018

Liga:

Liga Primer Inggris: 124 Pemain

La Liga Spanyol: 81 pemain

Bundesliga Jerman: 67 pemain

Serie A Italia: 58 pemain

Ligue 1 Prancis: 49 pemain

Liga Primer Rusia: 36 pemain

Liga Profesional Saudi Arabia: 30 pemain

Liga Super Turki: 22 pemain

Liga MX Meksiko: 22 pemain

Liga Portugal: 19 pemain

Klub:

Manchester City: 16 pemain

Real Madrid: 15 pemain

FC Barcelona: 14 pemain

Chelsea: 12 pemain

PSG: 12 pemain

Tottenham: 12 pemain

Bayern Muenchen: 11 pemain

Juventus: 11 pemain

Manchester United: 11 pemain

Al-Hilal FC: 9 pemain

Al-Alhi SC: 9 pemain

Atletico Madrid: 9 pemain

Sumber: the Spectator Index/the Telegraph

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement