Senin 04 Jun 2018 00:13 WIB

Brasil Perpanjang Rekor Kemenangan Atas Kroasia

Gol Neymar dan Firmino membuat Brasil memperpanjang rekor tak kalah dari Kroasia.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Ratna Puspita
Pesepak bola Brasil, Neymar (kiri), menggiring bola dengan dibayangi oleh pemain Kroasia, Mateo Kovacic (kanan) pada laga bersahabatan antara Brasil dan Kroasia di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Ahad (3/6).
Foto: EPA-EFE/PETER POWELL
Pesepak bola Brasil, Neymar (kiri), menggiring bola dengan dibayangi oleh pemain Kroasia, Mateo Kovacic (kanan) pada laga bersahabatan antara Brasil dan Kroasia di Stadion Anfield, Liverpool, Inggris, Ahad (3/6).

REPUBLIKA.CO.ID, LIVERPOOL -- Lewat dua gol, yang masing-masing dicetak Neymar dan Firmino, Brasil sukses mengatasi perlawanan Kroasia pada laga uji coba jelang Piala Dunia 2018, Ahad (3/6) malam. Laga yang digelar di Stadion Anfield, Inggris, itu menjadi ajang kembalinya Neymar.

Neymar sempat absen lantaran cedera sejak Februari. Bahkan, ia sempat dikhawatirkan urung membela Brasil di Piala Dunia 2018.

Masuk menggantikan Fernandinho pada masa pergantian babak, Neymar tidak butuh waktu lama untuk bisa mencetak gol. Gelandang serang Paris Saint Germain (PSG) itu sukses menyarangkan bola pada menit ke-69. 

Neymar berhasil memanfaatkan umpan dari Coutinho sekaligus membuka keunggulan Brasil. Ini menjadi laga perdana Neymar setelah mengalami cedera kaki kanan pada akhir Februari silam, kala memperkuat PSG pada ajang Ligue 1, dan harus menjalani perawatan selama tiga bulan.

Jalannya Laga

photo
Pemain Kroasia Luca Modric (kiri) beraksi pada laga persahabatan kontra Brasil. (EPA-EFE/PETER POWELL)

Pada awal laga, pelatih Brasil, Tite, memutuskan untuk menurunkan Gabriel Jesus, Willian, dan Coutinho untuk mengisi lini serangan Brasil. Sementara Casemiro, Fernandinho, dan Paulinho dipercaya di lini tengah. Duet bek, Thiago Silva dan Miranda, berada di jantung pertahanan tim Samba.

Di kubu Kroasia, pelatih Zlatko Dalic menempatkan Luka Modric dan Ivan Perisic di belakang striker tunggal, Andrej Kramaric. Bek veteran, Vedran Corluka, dan bek Liverpool, Dejan Lovren, berada di jantung pertahanan Krosia. 

Pada babak pertama, Brasil mampu menguasai pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 60 persen. Namun, tim Samba masih belum mampu merobek gawang Krosia. 

Brasil baru bisa memecah kebuntuan pada menit ke-69 lewat torehan Neymar. Memanfaatkan umpan dari Coutinho, mantan gelandang serang Barcelona itu sukses melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Brasil pun membuka keunggulan.

Memasuki menit akhir laga, tepatnya menit ke-93, Roberto Firmino memastikan kemenangan tim Samba. Setelah berhasil menerima umpan lambung, pemain Liverpool itu dapat dengan mudah menaklukan kiper Kroasia. 

Skor 2-0 cukup membuat Brasil memperpanjang rekor tidak pernah kalah dari Kroasia. Tim Samba berhasil mencetak tiga kemenangan dalam empat pertemuan terakhir dengan Vatreni, julukan tim Kroasia.

Setelah menghadapi Krosia, Brasil rencananya akan melakoni laga uji coba menghadapi Austria, 10 Juni mendatang. Kemudian Neymar dan kawan kawan akan menghadapi Swiss di babak penyisihan grup E Piala Dunia 2018.

Sementara Kroasia akan menghadapi Senegal di laga uji coba, sebelum berhadapan dengan Nigeria di fase grup D Piala Dunia 2018. 

Susunan Pemain:

Brasil (4-3-3)

Pelatih: Tite

Kiper: Alisson

Belakang: Danilo, T. Silva, Miranda, Marcelo

Tengah: Paulinho, Casemiro, Fernandinho

Depan: Willian, G. Jesus, P. Coutinho

Kroasia (4-2-3-1) 

Pelatih: Zlatko Dalic

Kiper: Subasic

Belakang: Vrsaljko, Corluka, Lovren, Vida

Tengah: Badelj, Rakitic; Rebic, Modric, Perisic

Depan: Kramaric

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement