Kamis 01 Dec 2022 16:10 WIB

Australia ke 16 Besar Piala Dunia 2022, Kegembiraan Melambung Tinggi di Langit Melbourne 

Terakhir kali Australia mampu melaju ke babak gugur adalah pada Piala Dunia 2006.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Gilang Akbar Prambadi
Para pendukung timnas Australia memenuhi Federation Square di Melbourne, Australia pada Kamis (1/11/2022) WIB. Mereka melakukan selebrasi ketika negaranya memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar usai mengalahkan Denmark 1-0.
Foto: EPA-EFE/CON CHRONIS AUSTRALIA AND NEW ZEALAND
Para pendukung timnas Australia memenuhi Federation Square di Melbourne, Australia pada Kamis (1/11/2022) WIB. Mereka melakukan selebrasi ketika negaranya memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar usai mengalahkan Denmark 1-0.

REPUBLIKA.CO.ID, MELBOURNE -- Langit Melbourne dipenuhi kabut warna-warni dari suar yang dinyalakan oleh ribuan pendukung Timnas Australia yang berhasil memastikan tempat di babak 16 besar Piala Dunia 2022 pada Rabu (30/11/2022) malam WIB. 

Ribuan orang berkumpul di Federation Square Melbourne pada tengah malam untuk menyaksikan kemenangan Australia 1-0 atas Denmark melalui layar lebar. Mereka menari dalam cahaya kembang api disertai kepulan asap saat Socceroos - julukan Timnas Argentina - mengakhiri penantian 16 tahun.

Baca Juga

Terakhir kali Australia mampu melaju ke babak gugur adalah pada Piala Dunia edisi 2006. Kala itu, mereka tergabung di Grup F bersama Brasil, Kroasia, dan Jepang. Pada edisi kali ini, Australia menjadi perwakilan Grup C bersama Prancis, menyingkirkan Tunisia dan Denmark. 

Australia finis kedua dengan enam poin, sejajar dengan juara grup Prancis setelah juara dunia kalah 1-0 dari Tunisia di hari yang sama. Tunisia sebetulnya menutup pertandingan grup dengan tanbahan tiga poin usai kemenangan tersebut, tapi kemenangan Australia mengubur mimpi mereka untuk lolos ke fase gugur.

Mathew Leckie menjadi Man of the Match pada pertandingan tersebut setelah menjadi pahlawan Socceroos berkat gol tunggalnya pada menit ke-60. Pemain Melbourne City FC itu mengaku bangga bisa berbuat sesuatu untuk bangsa dan negaranya.

"Saya bangga, lelah, semuanya benar-benar.. sulit untuk menggambarkan emosi saat ini," kata Leckie kepada penyiar Australia SBS, Kamis (1/12/2022). "Kami selalu tahu kami bisa melakukannya sebagai grup. Kami memiliki keraguan tetapi semangat kami, keyakinan kami, etos kerja kami dan seberapa dekat kami sebagai grup terlihat di lapangan," tambahnya. 

photo
Para pendukung Australia tampak tegang menyaksikan timnas kesayangannya bermain menghadapi Denmari di laga terakhir fase grup Piala Sunia 2022 di Federation Square di Melbourne, Australia pada Kamis (1/11/2022) WIB. - (EPA-EFE/CON CHRONIS AUSTRALIA AND NEW ZEALAND)

Leckie mengatakan Socceroos berjuang habis-habisan terutama di 20 menit terakhir untuk mempertahankan keunggulan mereka. Denmark terus menekan hingga akhir untuk menyamakan kedudukan. Tim asuhan Graham Arnold pun berhasil menjaga keunggulan hingga peluit akhir pertandingan. 

"Tidak masalah apa yang mereka lemparkan kepada kami, kami tidak kebobolan. Kami akan memanfaatkannya malam ini, tapi kemudian semuanya tentang pemulihan," kata Leckie. 

Arnold percaya hasil kemenangan tim harus dijunjung tinggi. Ia juga memberikan pujian khusus kepada bek tengah Stoke kelahiran Skotlandia Souttar. Pelatih juga mengaku sangat bangga dan bahagia melihat euforia dari para pendukung Socceroos yang turut merayakan kemenangan mereka.

"Saya sangat bangga dan bahagia, inilah gunanya Piala Dunia FIFA. Saat Piala Dunia Kriket berlangsung, Anda tidak melihat Federation Square (di Melbourne) seperti ini dan pub seperti itu, atau apakah itu rugby union, liga rugby, atau apa pun," kata Arnold. 

"Piala Dunia sepak bola menyatukan sebuah bangsa dan saya bangga bahwa kami dapat membuat orang-orang tersenyum. Ini pertama kalinya tim Australia memenangkan dua pertandingan di Piala Dunia berturut-turut," ujarnya menambahkan.

Pasukan Graham Arnold selanjutnya akan menghadapi juara Grup C, Argentina. La Albiceleste mengamankan posisi teratas di Grup C setelah kemenangan 2-0 atas Polandia pada matchday ketiga, Kamis (1/12/2022) dini hari WIB. Meskipun akan menghadapi salah satu tim favorit, Arnold percaya dengan kemampuan pasukannya yang ia sebut sebagai generasi emas.

"Mungkin kita berbicara tentang generasi emas baru sekarang, karena kita telah mendengarkan dan mendengar tentang generasi emas tahun 2006 yang mendapat empat poin dan sekarang kita mendapat enam poin, jadi mungkin kita berbicara tentang generasi baru," kata Arnold. 

"Akan ada sedikit mabuk dan kegembiraan dengan para penggemar Australia," lanjut Arnold. "Ini luar biasa," ujar Arnold menambahkan. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement