Rabu , 07 Dec 2022, 04:13 WIB

Singkirkan Swiss 6-1, Portugal Torehkan Kemenangan Terbesar di Babak 16 Besar Piala Dunia

Rep: Reja Irfa Widodo / Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Pemain Portugal Goncalo Ramos (kiri) berhasil menyarangkan gol dalam pertandingan melawan Swiss  di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Rabu (7/12) dini hari WIB. Portugal melangkah ke babak perempat final Piala Dunia 2022 dengan begitu mulus. Tidak tanggung-tanggung, Portugal membungkam Swiss, 6-1, dalam laga yang digelar di Stadion Lusail Iconic, Lusail, Rabu (7/12) dini hari WIB. Ini menjadi kemenangan terbesar di babak 16 besar Piala Dunia 2022.
Foto EPA-EFE/Rolex dela Pena

Pemain Portugal Goncalo Ramos (kiri) berhasil menyarangkan gol dalam pertandingan melawan Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022, Rabu (7/12) dini hari WIB. Portugal melangkah ke babak perempat final Piala Dunia 2022 dengan begitu mulus. Tidak tanggung-tanggung, Portugal membungkam Swiss, 6-1, dalam laga yang digelar di Stadion Lusail Iconic, Lusail, Rabu (7/12) dini hari WIB. Ini menjadi kemenangan terbesar di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Goncalo Ramos cetak hattrick saat Portugal singkirkan Swiss 6-1

REPUBLIKA.CO.ID, LUSAIL -- Portugal melangkah ke babak perempat final Piala Dunia 2022 dengan begitu mulus. Tidak tanggung-tanggung, Portugal membungkam Swiss, 6-1, dalam laga yang digelar di Stadion Lusail Iconic, Lusail, Rabu (7/12/2022) dini hari WIB. Ini menjadi kemenangan terbesar di babak 16 besar Piala Dunia 2022.

Pesta gol Portugal ini dipersembahkan lewat hattrick Goncalo Ramos dan satu gol yang masing-masing dicetak oleh Pepe, Raphael Guerreiro, dan Rafael Leao. Sementara satu gol balasan Swiss ditorehkan oleh Manuel Akanji

Dengan hasil ini, Portugal akan berhadapan dengan Maroko, yang mampu menyingkirkan Spanyol, 3-0, via babak adu penalti di laga babak 16 besar lainnya. Keberhasilan melangkah ke babak perempat final ini pun menjadi prestasi terbaik Portugal di Piala Dunia sejak terakhir kali mengakhiri Piala Dunia 2006 di peringkat keempat.

Baca juga : Ini Alasan Santos Enggan Turunkan Ronaldo Jadi Starter Saat Portugal Bantai Swiss

Jalannya Pertandingan

Portugal tidak mau menunggu terlalu lama untuk bisa mengatur tempo pertandingan. Lewat kemampuan teknik para pemainnya, Portugal mampu mengendalikan permainan dan langsung berusaha membongkar pertahanan Swiss. Upaya itu langsung berbuah maksimal dengan sepakan pertama Portugal di laga ini.

Adalah Goncalo Ramos yang membawa Portugal unggul pada menit ke-17. Pemain yang diplot menggantikan Cristiano Ronaldo sebagai penyerang tengah Portugal di laga ini tersebut melepaskan sepakan keras dari sudut sempit, tepatnya dari sisi kanan kotak penalti Swiss.

Kiper Swiss, Yan Sommer, tidak mampu menghalau sepakan keras penyerang berusia 21 tahun itu di tiang dekat. Gol ini kian spesial buat Ramos. Pasalnya, laga ini merupakan kesempatan pertama penyerang Benfica itu merumput sebagai starter bersama Timnas Portugal.

Ramos nyaris menggandakan keunggulan Portugal, tepatnya pada menit ke-22. Namun, sepakan Ramos dari tepi kotak penalti masih terlalu lemah dan dapat dengan mudah ditangkap oleh Sommer. Kendati begitu, tim besutan Fernando Santos itu masih memiliki senjata lain dalam merobek gawang Swiss.

Baca juga : Usai Tumbangkan Swiss, Satu Rekor Ronaldo Kini Menjadi Milik Pepe

Pada menit ke-33, Pepe mampu memaksimalkan sepak pojok yang dilepaskan Bruno Fernandes. Mantan bek tengah Real Madrid itu melompat dan menanduk bola dengan begitu keras tepat di depan mulut gawang Swiss. Dalam usia 39 tahun 293 hari, Pepe tercatat menjadi pencetak gol tertua di fase gugur Piala Dunia.

Namun, Swiss bukan tanpa perlawanan. Tim besutan Murat Yakin itu sempat mendapatkan peluang emas via sepakan tendangan bebas Xherdan Shaqiri. Kendati begitu, bola hasil eksekusi tendangan bebas Shaqiri dari luar kotak penalti itu masih melebar di sisi kanan gawang Portugal.

Babak kedua benar-benar menjadi milik Portugal. Laga babak kedua baru berjalan enam menit, Portugal kembali menggandakan keunggulan. Ramos mencetak gol keduanya di laga ini. Apabila di gol pertama Ramos melepaskan sepakan keras, di gol keduanya, Ramos dengan cerdik menyambar umpan tarik dari Diogo Dalot dari sisi kanan pertahanan.

Sambaran bola Ramos itu melewati celah kaki Sommer. Tidak berhenti sampai disitu, Ramos juga memberikan assist di laga ini, tepatnya pada menit ke-55. Jebolan akademi Benfica itu memberikan umpan terobosan pada Raphael Guerreiro, yang melakukan overlapping di sisi kanan pertahanan Swiss dan diikuti dengan sepakan keras kaki kiri.

Baca juga : Besaran Gaji SDM Startup Bukan Satu-satunya Penyebab PHK Karyawan

Tiga menit berselang, Swiss akhirnya bisa membalas dan mengubah papan skor. Manuel Akanji mampu memaksimalkan kesempatan sepak pojok Nati, julukan Swiss. Kendati begitu, Ramos benar-benar menampilkan ketajamannya di laga ini. Pemain yang baru melakoni debut bersama Timnas senior Portugal pada November 2022 silam itu  mencatatkan hattrick di laga ini.

Setelah menerima umpan terobosan Joao Felix, Ramos merangsek ke dalam kotak penalti dan kembali menaklukan Sommer pada menit ke-63. Ramos pun tercatat sebagai pemain pertama yang sukses mencetak hattrick di gelaran Piala Dunia 2022 dan pemain kedua dalam sepanjang sejarah Timnas Portugal yang mampu mengemas hattrick di fase gugur Piala Dunia.

Pesta gol Portugal tidak berhenti sampai disini. Rafael Leao, yang masuk menggantikan Bruno Fernandes pada menit ke-87, tidak mau ketinggalan. Winger AC Milan itu merangsek dari sisi kanan pertahanan sebelum akhirnya melepaskan sepakan ke arah tiang jauh dan merobek gawang Swiss pada menit kedua masa injury time.

Baca juga : Susunan Pemain: Ronaldo Awali Laga Vs Swiss dari Bangku Cadangan

Susunan Pemain

Portugal (4-3-3)

Pelatih: Fernando Santos

Kiper: Costa

Belakang: Dalot, Pepe, Dias, Guerero

Tengah: Otavio, Carvalho, Silva

Depan: Fernandes, Ramos, Felix

Swiss (4-2-3-1)

Pelatih: Murat Yakin

Kiper: Sommer

Belakang: Fernandes, Schar, Akanji, Rodrigues

Tengah: Freuler, Xhaka; Shaqiri, Sow, Vargas

Depan: Embolo

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
swiss vs portugal portugal vs swiss piala dunia 2022 piala dunia 2022 qatar rekor piala dunia goncalo ramos hattrick goncalo ramos pepe world cup 2022 timnas portugal timnas swiss
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya