Jumat , 02 Dec 2022, 07:06 WIB

Moriyasu Hadiahkan Kemenangan Samurai Biru Atas Spanyol untuk Warga Jepang

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi / Red: Israr Itah
Pelatih kepala Hajime Moriyasu dari Jepang.
Foto EPA-EFE/Noushad Thekkayil

Pelatih kepala Hajime Moriyasu dari Jepang.

Jepang menjuarai Grup E setelah mengalahkan Spanyol 2-1.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pelatih Jepang Hajime Moriyasu memuji ketekunan para pemainnya setelah mereka memetik hasil menakjubkan pada laga terakhir Grup E Piala Dunia 2022. Samurai Biru mengalahkan juara Piala Dunia 2010 Spanyol 2-1 di Stadion Internasional Khalifa, Jumat (2/12/2022) dini hari WIB. Kemenangan bersejarah ini datang sepekan sejak Jepang menaklukkan Spanyol dengan skor identik di stadion yang sama.

Samurai Biru mengalami tekanan kuat dari Spanyol pada babak pertama dan tertinggal 1-0. Namun dua gol cepat setelah istirahat memberi mereka kemenangan yang menggaransi tempat di puncak klasemen Grup E.

Baca Juga

"Ada banyak penggemar yang datang jauh-jauh dari Jepang, serta mereka yang tinggal di rumah. Kami menghadiahkan kemenangan ini kepada masyarakat Jepang, dan kami sangat senang karenanya," ujar Moriyasu, dikutip Reuters. 

Ia mengatakan, Spanyol adalah salah satu tim terbaik di dunia. Jepang tahu sebelum pertandingan bahwa duel melawan mereka akan sangat sulit.

Meskipun berada dalam gempuran serangan Spanyol dan sempat tertinggal lebih dulu, Jepang bangkit di babak kedua. Ini adalah kali kedua Samurai Biru bangkit dari ketertinggalan untuk membalikkan keadaan. 

"Para pemain tetap bertahan dan mereka bertahan dan mereka membalikkan keadaan permainan. Semua orang bersemangat bahwa kami bisa bermain sebagai satu kesatuan lagi," kata dia.

Ia menuliskan catatan pada babak pertama untuk kemudian memutuskan bermain dengan tiga bek dan memasukkan Ritsu Doan, yang mencetak gol penyeimbang. Meski disanjung tinggi, Moriyasu berbagi pujian dengan para pemainnya.

"Selama latihan, kami memastikan beberapa hal dan para pemain memberi saya beberapa ide," ujarnya. "Kami memutuskan bahwa kami akan bertahan dan mencoba membalas serangan, itu adalah pilihan kami semua secara kolektif," jelas Moriyasu. 

Samurai Biru dan akan melawan runner up Piala DUnia 2018 Kroasia pada 16 besar. Jepang berusaha mencapai perempat final untuk pertama kalinya dalam enam partisipasi di putaran final Piala Dunia. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
piala dunia piala dunia qatar piala dunia 2022 piala dunia qatar 2022 jepang spanyol jepang vs spanyol kaoru mitoma jepang ke 16 besar jepang kalahkan spanyol hajime moriyasu
Berita Terpopuler

Ini Sejarah Pertemuan Argentina Kontra Kroasia

Selasa , 13 Dec 2022, 13:02 WIB

Cetak Gol ke Gawang Kroasia, Neymar Samai Rekor Pele

Sabtu , 10 Dec 2022, 02:58 WIB

Daftar Juara Piala Dunia dari Masa ke Masa, Brasil Mengoleksi Gelar Terbanyak

Ahad , 20 Nov 2022, 17:13 WIB
Berita Lainnya