Jumat 25 Nov 2022 20:57 WIB

Iran Naik ke Peringkat Kedua Klasemen Grup B Usai Kalahkan Wales

Iran menang 2-0 setelah satu pemain Wales terkena kartu merah.

Rep: Afrizal Rosikhul Ilmi/ Red: Andri Saubani
Para pemain Iran melambungkan pelatih mereka Carlos Queiroz seusai kemenangan 2-0 atas Wales pada laga lanjutan Grup B Piala Dunia 2022, Jumat (25/11/2022).
Foto: EPA-EFE/Abedin Taherkenareh
Para pemain Iran melambungkan pelatih mereka Carlos Queiroz seusai kemenangan 2-0 atas Wales pada laga lanjutan Grup B Piala Dunia 2022, Jumat (25/11/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, DOHA -- Iran sukses mengamankan tiga poin dari Wales pada matchday kedua Grup B Piala Dunia 2022 Qatar di Stadion Ahmed bin Ali, Jumat (25/11/2022) sore WIB. Iran berhasil menaklukkan Wales 2-0 melalui gol di tambahan waktu melawan 10 pemain Wales. Kini mereka naik ke peringkat kedua klasemen setelah Inggris.

Iran memulai dengan baik di menit-menit awal pertandingan. Mereka langsung menekan pertahanan Wales di lima menit pertama. Tapi ercobaan dari umpan-umpan silang masih bisa dipatahkan. Peluang tembakan pertama dilakukan oleh Azmoun dari luar kotak penalti tapi dengan mudah diamankan kiper.

Baca Juga

Iran akhirnya mampu membobol gawang Wales di menit ke-15. Itu berawal dari kesalahan operan dari pemain Wales, Roberts yang langsung diambil alih Iran, kemudian Azmoun mengumpan kepada Gholizadeh yang tinggal menyuapkan bola ke gawang. Tapi gol itu dianulir karena Gholizadeh dalam posisi offside

Peluang lainnya dimiliki Iran di menit ke-26. Mereka menekan dengan serangan balik cepat, di mana Azmoun berlari ke area pertahanan Wales. Tapi upayanya berhasil dihentikan oleh Rodon sebelum pemain Iran itu masuk ke kotak penalti. 

Bale melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti di menit ke-30 saat melanjutkan umpan terobosan dari Moore. Mantan pemain Real Madrid itu mencoba melakukan tendangan voli tapi gagal mengarahkan bola ke gawang. Butuh usaha lebih bagi Wales untuk menembus pertahanan Iran.

Kedua tim memainkan bola-bola panjang untuk menembus pertahanan lawan. Tapi upaya tersebut sama sekali tidak membuahkan hasil. Umpan-umpan itu bisa dengan mudah dipatahkan oleh pemain belakang sebelum mencapai kotak penalti lawan. Babak pertama pun berakhir dengan skor kacamata. 

Iran hampir memetik keunggulan di menit ke-52. Tiga percobaan dalam semenit masih belum bisa berbuah gol.

Azmoun kurang beruntung saat tendangannya ke tiang dekat dari sisi kanan masih membentur tiang kanan, upaya Gholizadeh yang melanjutkan bola rebound dari luar kotak penalti juga masih membentur tiang kiri, kemudian tandukan susulan ditepis kiper.

Sementara itu, peluang Wales tercipta dari tendangan bola mati di menit ke-54. Tapi tendangan bebas Wilson langsung masuk ke sarung tangan Hosseini di sebelah kiri kotak.

Sejurus kemudian, peluang kembali dimiliki Iran saat Hajisafi menerima bola di sisi kiri kotak penalti. Ia mencari ruang untuk melepaskan tembakan ke gawang tapi masih bisa diblok oleh Roberts. 

Pada menit ke-64, Johnson kehilangan bola dan Iran bergegas maju dalam serangan balik. Taremi menerobos masuk ke kotak penalti, tapi tembakannya berhasil diblokir Ampadu. Iran terus memberikan gelombang serangan, salah satu peluang dimiliki Ezatolahi di menit ke-73 dengan tendangan mendatar dari luar kotak, tapi bola masih meleset tipis di sisi kanan gawang.

Wales mendapatkan peluang di menit ke-83. Itu diciptakan oleh Davies ketika melakukan tembakan ke arah gawang setelah menerima umpan tarik dari Moore di kotak penalti. Tapi tembakannya berhasil ditepis oleh kiper dan hanya menghasilkan tendangan sudut. 

Tak lama setelah itu, Iran mendapatkan peluang emas dari serangan balik cepat. Tapi pelanggaran Hennessey kepada Taremi telah menggagalkan peluang tersebut. Hennessey kemudian dihukum dengan kartu merah di menit ke-89 setelah wasit melihat VAR.

Wales yang bermain dengan 10 orang tampak semakin kesulitan. Ada ancaman dari Torabi dengan tendangan dari luar kotak penalti. Namun itu masih melebar dari sasaran. Iran akhirnya mencetak gol di menit ke-98 dari tendangan jarak jauh Cheshmi ke sudut kiri bawah gawang. Ramin bahkan menggandakan keunggulan bagi pada menit ke-100.

 

 

 

photo
Inggris Vs Amerika Serikat - (Republika.)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement