Timnas U-19 Indonesia, Harapan Rakyat Indonesia
Ahad , 05 Oct 2014, 13:01 WIB
Republika/Edwin Dwi Putranto
Timnas U-19 Indonesia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tim nasional sepakbola U-19 Indonesia adalah tim nasional sepakbola yang berisikan para pemain di bawah usia 19 tahun, yang mewakili Indonesia pada sepakbola internasional. Tim ini berada di bawah kendali Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia. Pada Kejuaraan Remaja U-19 AFF 2013, Indonesia untuk pertama kalinya berhasil menjadi juara setelah mengalahkan Vietnam melalui adu penalti.

Di sisi lain, tak terasa, ajang yang ditunggu-tunggu kini sudah berada di depan mata. Timnas U-19 besutan Indra Sjafri akan berlaga di Piala Asia U-19 pada Oktober mendatang di Myanmar.

Beragam persiapan terus dilakukan mulai dari Tur Nusantara, Hassanal Bolkiah Trophy 2014, hingga pemusatan latihan di Spanyol guna mematangkan persiapan menuju Piala Asia U-19.

Hasilnya relatif memuaskan. Penampilan Evan Dimas cs menunjukkan grafik yang menggembirakan. Walaupun laga perdana berakhir dengan skor 2-1 menghadapi Atletico Madrid B, tapi penampilan Evan Dimas dan Paulo Sitanggang mengundang pujian dari staf pelatih Atletico. Apalagi Paulo yang mencetak gol indah dari tendangan keras luar kotak penalti lawan.

Pada laga kedua, Evan Dimas mencetak gol yang memaksa Valencia B harus puas bermain imbang 1-1. Penampilan Timnas U-19 kembali mendapat komentar positif dari kubu tuan rumah. Cara bermain tim berjuluk Garuda Jaya itu dinilai menampilkan organisasi permainan yang tertata rapi. Timnas U-19 diyakini akan meraih sukses di Piala Asia U-19 Myanmar nanti.

Persiapan telah memasuki periode yang serius karena saat ini tim telah menginjak fase akhir dari tiga periode yang disusun pelatih Indra Sjafri. Periode pertama persiapan tim adalah persiapan umum, setelahnya persiapan spesifik, dan terakhir adalah pra-kompetisi.

Tantangan di Piala Asia U-19 mendatang tidaklah mudah karena Uzbekistan U-19, Uni Emirat Arab U-19, dan Australia U-19 sudah menanti. Target Indonesia adalah mencapai semifinal agar mimpi untuk bermain di Piala Dunia U-20 dapat tercapai.

Dukungan penuh sangat diharapkan bagi timnas U-19 untuk berlaga di Myamnar, kepiawaian tangan dingin Indra Sjafri untuk meramu skuat asuhannya dinanti oleh banyak masyarakat Indonesia. Mereka diharapkan bisa tampil menawan untuk mencapai asa bahagia bagi 'Merah Putih'.


Redaktur : Didi Purwadi
Reporter : CR03
  Isi Komentar Anda
Komentar adalah tanggapan pribadi, tidak mewakili kebijakan redaksi republika.co.id. Redaksi berhak mengubah atau menghapus kata-kata yang tidak etis, kasar, berbau fitnah dan pelecehan, intimidasi, bertendensi suku, agama, ras, dan antar golongan. Setiap komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengirim.

Republika.co.id berhak untuk memberi peringatan dan atau menutup akses bagi pembaca yang melanggar ketentuan ini.
avatar
Login sebagai:
Komentar