Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Wednesday, 8 Sya'ban 1441 / 01 April 2020

Tiga Pilot Laporkan Penampakan UFO di Langit Irlandia

Rabu 14 Nov 2018 02:50 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Friska Yolanda

Penampakan UFO (ilustrasi).

Penampakan UFO (ilustrasi).

Foto: Twitter/Al Arabiya
Laporan ketiga pilot tengah diselidiki.

REPUBLIKA.CO.ID, IRLANDIA --  Pilot maskapai penerbangan yang terbang di atas Irlandia pada Jumat pekan lalu, melaporkan adanya penampakan cahaya terang yang melintas di langit dengan kecepatan tinggi. Dia pun bertanya dengan kontrol darat seperti apa benda terbang tak dikenal (UFO) itu.

Dilansir Deutsche Welle, otoritas penerbangan Irlandia (IAA) mengatakan mereka sedang menyelidiki laporan tersebut. Dalam rekaman audio kontrol lalu lintas udara yang diterbitkan oleh LiveATC.net, pilot dan pengendali lalu lintas dapat didengar membahas insiden tersebut pada jam-jam awal pagi pada Jumat (9/11).

Seorang pilot pada penerbangan British Airways dari Montreal ke London bertanya apakah ada latihan militer yang terjadi di daerah itu. Sebab, ia telah melihat objek tak dikenal yang bergerak sangat cepat.

"Bersamamu?" pemegang kontrol lalu lintas udara menanyakan. 

"Itu datang ke sisi kiri saya, lalu dengan cepat berbelok ke utara," jawab sang pilot. 

Dia mengatakan dia tidak berpikir ada risiko tabrakan dengan objek, tetapi mengatakan dia bertanya-tanya apa yang bisa terjadi. "Itu seperti cahaya yang terang dan kemudian menghilang dengan kecepatan sangat tinggi," katanya. Dalam beberapa menit berikutnya, dua pilot lainnya melaporkan penampakan serupa. Seorang pilot mengatakan dia melihat penampakan seperti sebuah meteor atau objek lain. Objek itu diikuti oleh serangkaian objek terang lainnya di sepanjang lintasan yang sama.

Pilot penerbangan Virgin Airlines yang terbang dari Orlando ke Manchester mengatakan dia juga melihat dua lampu terang yang melaju dengan kecepatan tinggi. "Senang bukan hanya aku," jawab pilot lainnya.

Seorang juru bicara IAA mengatakan kepada DW bahwa agensi sedang menyelidiki insiden itu. "Menyusul laporan dari sejumlah kecil pesawat pada Jumat 9 November aktivitas udara yang tidak biasa, IAA telah mengajukan laporan. Laporan ini akan diselidiki di bawah proses penyelidikan kejadian rahasia normal," kata juru bicara.

Meskipun UFO biasanya dikaitkan dengan pesawat luar angkasa, istilah ini sebenarnya merujuk pada objek udara yang tidak sesuai dengan pesawat atau rudal. Definisi ini diciptakan oleh Angkatan Udara AS pada 1950-an.

Penampakan UFO sering terjadi, sering dijelaskan oleh fenomena duniawi. Penjelasan khas untuk penampakan UFO potensial termasuk pesawat atau rudal, awan, meteor, ilusi optik dan tipuan. Jika misteri itu terpecahkan, mereka sering disebut sebagai "IFO" atau objek terbang yang teridentifikasi.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA