Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Sunday, 29 Jumadil Akhir 1441 / 23 February 2020

Superhero Ciptakan Ilusi Tubuh Ideal Kaum Lelaki

Selasa 23 Oct 2018 17:22 WIB

Rep: Desy Susilawati/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Chris Hemsworth pemeran Thor.

Chris Hemsworth pemeran Thor.

Foto: Movie Mom
Ahli gizi menyebut membentuk tubuh seperti superhero amat sulit diraih kaum pria

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Selama ini yang lebih dikenal menjaga penampilan adalah wanita. Mereka menjaga tubuhnya agar terus terlihat menarik. 

Sementara penelitian terbaru menunjukkan bahwa pria juga ternyata sangat menjaga citra tubuhnya. Bahkan superhero sering menjadi acuan mereka dalam menjaga tubuhnya.

Penelitian menunjukkan masalah kompleks terjadi terkait bentuk tubuh pada laki-laki. Bahkan selebriti seperti Sam Smith dan Robert Pattinson telah berbicara soal perjuangan kaum laki-laki meraih tubuh ideal. Selain itu, mirip dengan wanita, penelitian menunjukkan pria sering tertangkap merasa terlalu kurus atau terlalu berat untuk memenuhi ideal pria.

Tapi apa yang menyebabkan pria hari ini merasakan begitu banyak tekanan tentang penampilan mereka? Apa yang khusus mereka tidak senangi dan bagaimana mereka bisa menghadapinya?

Satu hal yang pasti sama seperti tantangan yang dihadapi oleh wanita, masalah citra tubuh pria lebih dalam dari sekadar berat. Kebanyakan selebritis dan ilmuwan setuju bahwa ada satu faktor utama yang dapat disalahkan yaitu para jagoan dalam layar kaca.

Bintang-bintang seperti Hugh Jackman, Chris Pratt memperlihatkan bentuk tubuh mereka dalam setiap aksinya. Hal ini mendorong kaum adam berupaya mencari resep untuk menghasilkan otot perut six pack.

Selama tiga tahun terakhir, setidaknya 4 dari 10 film terlaris di AS adalah kisah superhero. Dalam film-film ini, fisik pria “ideal” ditampilkan secara konstan, mengirim pesan bahwa untuk menjadi berani, dapat diandalkan, dan terhormat, anda membutuhkan otot-otot besar.

Padahal ahli gizi menyebutkan hal tersebut sebenarnya sulit dilakukan. "Badan-badan ini hanya bisa dicapai untuk sejumlah kecil, mungkin setengah persen dari seluruh laki-laki," kata Aaron Flores, ahli gizi diet terdaftar dari Calabasas yang mengkhususkan diri dalam citra tubuh laki-laki.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA