Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Monday, 19 Rabiul Akhir 1441 / 16 December 2019

Bersepeda tanpa Rem di Hari Pahlawan, Jokowi Grogi

Sabtu 10 Nov 2018 10:31 WIB

Rep: Debbie Sutrisno/Arie Lukihardianti/ Red: Nur Aini

Presiden Joko Widodo (Jokowi), bersepeda dengan ribuan masyarakat Jabar, Sabtu (10/11). Sebelum bersepeda, Jokowi melepas puluhan ribu peserta goes tersebut.

Presiden Joko Widodo (Jokowi), bersepeda dengan ribuan masyarakat Jabar, Sabtu (10/11). Sebelum bersepeda, Jokowi melepas puluhan ribu peserta goes tersebut.

Foto: Arie Lukihardianti
Presiden Jokowi bersepeda di Kota Bandung untuk memeringati Hari Pahlawan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) melepas acara Bandung Lautan Sepeda di depan kantor Gubernur Jawa Barat. Selain melepas secara resmi, Jokowi pun ikut bersepeda sekitar 5-6 kilometer.

Jokowi yang berpakaian baju veteran ikut bersepeda dengan sepeda klasik. Dia mengatakan, sepeda yang digunakan dipilihkan orang lain. Sepeda yang dipakai pun bahkan tak memiliki rem.

"Tapi memang sepeda lama, memang nggak ada rem. Tadi saya agak minggir, agak grogi-nya di situ, remnya," ujar Jokowi usai bersepeda, Sabtu (10/11).

Dia pun berkelakar bahwa berniat menabrakkan sepedanya ke trotoar jika saja jalan yang menurun tajam. Sebab, tanpa rem akan susah untuk memberhentikan sepeda dalam waktu cepat.

"Gak ada remnya paling-paling nanti kalau misalnya jalannya menurun tajam itu tadi saya tubrukan (tabrakan) trotoar kali supaya berhenti," kata dia sembari tertawa.

Akan tetapi, jalan di sekitar kantor pemerintah provinsi tidak ada yang turunanya tajam. Jokowi pun tak merasa lelah karena jarak yang ditempuh tidak terlalu jauh.

Usai bersepeda, siang hari sekitar pukul 14.00 WIB, Jokowi diagendakan menghadiri acara di Hotel Grand Asrilia. Jokowi bakal memberikan sambutan kepada calon anggota legislatif mulai dari tingkat pusat hingga daerah, yang merupakan caleg tim pendukungan Jokowi-Ma'ruf Amin. Malam harinya, Jokowi akan menikmati Kota Bandung dengan bertemu kalangan anak muda di Simpul Space, Jalan Braga.

Keesokan harinya, Ahad (11/9), Jokowi masih jalan-jalan dk Bandung dengan mengikuti Car Free Day di pagi hari. Setelahnya, mantan wali kota Solo itu akan bertemu masyarakat yang masuk dalam Paguyuban Pasundan. Jika sesuai rencana, Jokowi pun akan bermotor bersama sejumlah anak muda dari komunitas motor Kota Bandung.

photo
Presiden Joko Widodo (Jokowi), bersepeda dengan ribuan masyarakat Jabar, Sabtu (10/11). Sebelum bersepeda, Jokowi melepas puluhan ribu peserta goes tersebut.# Arie Lukihardianti/Republika

Jokowi, bersepeda dengan ribuan masyarakat Jabar, Sabtu (10/11). Sebelum bersepeda, Jokowi melepas puluhan ribu peserta goes tersebut.

"Dengan mengucap bismillahirahmanirahim goes hari ini saya lepas," ujar Jokowi sambil mengibarkan bendera start di Halaman Gedung Sate.

Menurut Kapendam III/ Siliwangi Kol Arh GTH Hasto Respatyo,  Jokowi mengambil rute khusus berbeda dengan masyarakat. Karena, tak semua rute diambil. Rute Jokowi tersebut, yakni Jalan  Dipenegoro (depan Gedung Sate), Jalan Juanda, Jalan Merdeka atau BIP dan kembali ke Gedung Sate.

"Kalau jalur peserta 15,2 Km. Tapi, jalur Pak Presiden tak semuanya diambil," ujar Hasto kepada wartawan.

Menurut Hasto, acara Goes ini digelar oleh Kodam III Siliwangi dalam rangka Hari Pahlawan. Tema yang diambil, adalah "Semangat Pahlawan di Dadaku".

Hasto mengatakan, jumlah peserta goes ini sekitar 23.408. Mereka, berasal dari Jabar Indrmayu, Cirebon, dan Tasikmalaya.

Jalur yang akan dilalui peserta goes, menurut Hasto, di antaranya Jalan Asia Afrika, Sudirman, Gardu Jati, Pasir Kaliki, Pasteur, Cihampelas Bawah, Wastu Kencana, Purnawarwan, Ranggagading, Sawunggaling, Tamansari, Cikapayang, Supratman, Pusdai dan kembali ke Gedung sate.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA