Minggu, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 Januari 2020

Minggu, 1 Jumadil Akhir 1441 / 26 Januari 2020

Respons Insiden Viaduk, Khofifah Usulkan Car Free Night

Sabtu 10 Nov 2018 07:11 WIB

Red: Reiny Dwinanda

Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Calon Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa

Foto: Republika TV/Havid Al Vizki
Menonton dari viaduk, 11 penonton

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa mengusulkan pada malam "Hari Pahlawan" di kawasan Tugu Pahlawan Surabaya diterapkan "car free night" atau malam bebas kendaraan bermotor. Saran itu ia lontarkan menyusul insiden terjatuhnya penonton drama kolosal "Surabaya Membara" dari atas viaduk, Jumat (9/11) malam.

"Saya lihat warga Kota Surabaya antusias sekali datang ke kawasan Tugu Pahlawan untuk menyaksikan pementasan drama kolosal 'Surabaya Membara' yang selama delapan tahun terakhir telah rutin digelar setiap malam tanggal 9 November dalam rangka peringatan Hari Pahlawan," katanya usai menyaksikan pertunjukan tersebut.

Selama delapan tahun pertunjukan tersebut digelar, Khofifah mengaku baru kali ini datang menyaksikan. Ia mendapati arus lalu lintas di sekitar lokasi acara menjadi sangat luar biasa padat karena antusiasme warga Kota Surabaya yang berbondong-bondong datang ke kawasan Jalan Pahlawan untuk menyaksikan "Surabaya Membara".

"Sementara, Jalan Pahlawan baru ditutup untuk seluruh jenis kendaraan demi kepentingan pementasan pada sekitar pukul 19.30 WIB," katanya.

photo
Sejumlah warga mengevakuasi korban yang terjatuh dari viaduk ketika menonton drama kolosal "Surabaya Membara" di Jalan Pahlawan Surabaya, Jawa Timur, Jumat (9/11/2018).

Mantan Menteri Sosial itu mengatakan, antusiasme warga Kota Surabaya menyaksikan pertunjukan "Surabaya Membara" juga tercermin dari banyaknya orang yang menonton dari atas viaduk rel kereta api di kawasan Tugu Pahlawan. Tiga orang yang menonton dari atas viaduk rel kereta api di Jalan Pahlawan Surabaya meninggal dunia, setelah tersambar kereta api yang melintas, sesaat menjelang pertunjukan berlangsung.

Enam korban lainnya mengalami luka-luka setelah memilih menghindari kereta api dengan melompat dari viaduk setinggi enam meter tersebut. "Mestinya setiap malam Hari Pahlawan, 9 November, dibikin 'Car Free Night' agar warga Kota Surabaya lebih nyaman datang ke kawasan Tugu Pahlawan untuk menyaksikan drama kolosal Surabaya Membara," katanya.

Menurut Khofifah, wewenang kebijakan "Car Free Night" di kawasan Tugu Pahlawan Surabaya ada di tangan Wali Kota Surabaya. "Ya, nantilah akan saya usulkan kepada Wali Kota Surabaya agar mulai tahun depan pada setiap malam Hari Pahlawan, 9 November, kawasan Jalan Pahlawan Surabaya sudah ditetapkan menjadi 'Car Free Night'," ucapnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA