Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Saturday, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 December 2019

Empat Cara Mudah Atasi Jerawat dengan Pepaya

Jumat 09 Nov 2018 12:21 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah

Buah pepaya.

Buah pepaya.

Foto: Flickr
Pepaya memiliki sifat anti-inflamasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jerawat seringkali membuat seseorang tidak nyaman. Jerawat datang disebabkan pori-pori tersumbat dengan minyak berlebih, dan berbagai kotoran lainnya. Lalu akhirnya menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri yang menyebabkan berjerawat.

Jerawat umumnya terjadi pada bagian wajah, dada, leher, dan lainnya. Hal ini juga dapat terjadi karena ketidakseimbangan hormon, kebersihan yang buruk dan alasan lainnya. Berbagai macam salep dan krim tersedia di pasar untuk mengobati jerawat. Tetapi Anda juga dapat mencoba cara alami yang tidak hanya efektif secara biaya, tetapi aman untuk kulit, bahkan jika digunakan secara teratur.

Jerawat dapat diatasi dengan pengobatan menggunakan pepaya. Sifat anti-inflamasi pepaya membantu mengobati jerawat dengan mengurangi kemerahan, dan peradangan. Pepaya juga membantu menghilangkan sel-sel kulit mati dan meremajakan kulit.

Berikut beberapa caranya dilansir di laman Boldsky, Jumat (9/11).

Pepaya dan Madu

Menggunakan madu murni (raw honey) akan membunuh bakteri penyebab jerawat. Ini juga melembabkan kulit. Kupas setengah porsi pepaya dan potong kecil-kecil.

Tambahkan pepaya dan madu murni ke dalam blender dan campurkan bahan-bahan hingga menjadi pasta yang halus. Oleskan di seluruh wajah atau hanya daerah yang terkena.

Diamkan selama sekitar 40-45 menit. Setelah 45 menit Anda dapat mencucinya menggunakan air biasa. Ulangi ini setiap hari untuk hasil terbaik.

photo

Pepaya dan Cuka Apel

Cuka apel membantu menyeimbangkan pH kulit dan dengan demikian mengobati peradangan pada kulit. Hancurkan pepaya matang, tambahkan sejumlah air, dan cuka apel dengan perbandingan yang sama. Campur semua bahan dengan baik untuk membuat pasta halus.

Ambil lap lembut dan celupkan ke dalam air hangat. Peras kelebihan air dan letakkan lap tersebut di wajah Anda selama beberapa menit. Anda juga bisa menambahkan sari pepaya dan cuka apel di atas kain lap secara merata dan biarkan sampai kering. Bilas wajah dengan air.

photo

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA