Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Monday, 23 Jumadil Akhir 1441 / 17 February 2020

Cetak Sejarah AS, Perempuan Suku Asli Amerika Masuk Kongres

Rabu 07 Nov 2018 14:28 WIB

Rep: Fira Nursya'bani/ Red: Nur Aini

Warga New York memberikan suara mereka pada Selasa (6/11) dalam pemilu paruh waktu Amerika Serikat.

Warga New York memberikan suara mereka pada Selasa (6/11) dalam pemilu paruh waktu Amerika Serikat.

Foto: AP/Mark Lennihan
Sharice Davids dan Deb Haaland terpilih menjadi anggota Kongres.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Kandidat Partai Demokrat Sharice Davids dan Deb Haaland akan menjadi perempuan dari suku asli Amerika l pertama yang terpilih untuk menduduki Kongres.

Di New Mexico, Haaland akan menggantikan Michelle Lujan Grisham dari Partai Republik, yang mengosongkan kursinya untuk mencalonkan diri sebagai gubernur. Sementara, Davids akan menggeser Kevin Yoder dari Partai Republik di Kansas.

Davids adalah anggota dari Ho-Chunk Nation dan Haaland adalah anggota yang terdaftar di Pueblo of Laguna. Kemenangan dua perempuan dari suku asli Amerika itu menandai tonggak bersejarah dalam sistem politik AS.

Dilansir di CNN, Haaland memenangkan pemilihan distriknya pada Juni lalu, yang memungkinkannya melawan calon anggota kongres dari Partai Republik Janice Arnold-Jones.

Kemenangan itu dicapai ketika penduduk asli Amerika membawa tindakan hukum atas dugaan pemaksaan pemilih. Spirit Lake Tribe mengajukan gugatan pada Oktober lalu melawan Dakota Utara atas undang-undang identifikasi pemilih suku, yang mencabut hak warga yang tinggal di wilayah reservasi untuk memilih.

Menurut Campaign Legal Center, Hakim federal Daniel Hovland menolak permintaan suku asli Amerika untuk menghentikan permintaan kartu identitas sebagai persyaratan.

Baca: Anggota Kongres Termuda di AS Terpilih, Belum Capai 30 Tahun

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA