Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

Sunday, 21 Zulqaidah 1441 / 12 July 2020

Kartu Nara Buat Ajang Olimpiade Matematika Jadi Cair

Ahad 04 Nov 2018 13:02 WIB

Red: Dwi Murdaningsih

Permainan kartu nara.

Permainan kartu nara.

Foto: KPM.
Nara game diperkenalkan kepada publik pada pertengahan tahun 2016.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Pada gelaran Challenge for Future Mathematicians (CFM) 2018, sebanyak 153 peserta dari 5 negara yang terdiri dari Vietnam, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Indonesia telah berjuang untuk meraih prestasi terbaik. Ada dua jenis lomba dalam ajang CFM ini, yakni individual contest & team contest.

Ada pemandangan berbeda kala memasuki babak puzzle contest (permainan eksplorasi), yakni adanya permainan kartu nara (Nara Game) sebagai tantangan eksplorasi bagi para peserta. Untuk pertama kalinya, Kartu Nara menjadi permainan yang dipertandingkan pada event internasional.

Permainan yang digagas oleh CEO Read1 Humas School (RHS), Ridwan Hasan Saputra ini semakin menambah cair suasana ditengah ketatnya persaingan antar peserta di ajang kompetisi.

Nara game diperkenalkan kepada publik pada pertengahan tahun 2016. Sejak saat itu, permainan nara mulai digandrungi kaum pelajar, tak terkecuali insan pendidik, seperti guru, mahasiswa, dan umum pada kesempatan pelatihan, kompetisi, dan kegiatan belajar di berbagai daerah di Indonesia.

Kehadiran permainan Kartu Nara pada kompetisi internasional bukan tanpa alasan. Muchammad Fachri selaku Ketua Pelaksana CFM 2018 menjelaskan, ditetapkannya Kartu Nara bertujuan memperkenalkan produk asli karya Klinik Pendidikan MIPA kepada dunia internasional.

"Permainan Kartu Nara bukan permainan kartu biasa. Di dalamnya terdapat pengenalan operasi hitung, berpikir  strategis, hingga belajar  mengambil keputusan untuk meraih kemenangan," kata dia.

Sementara itu, Thyeadi Tungson selaku ketua dewan juri mengatakan, sesi puzzle contest tak harus melulu dengan permainan yang sulit dan menantang.

"Prinsipnya, kita ingin menghadirkan permainan yang fun (menyenangkan). Meskipun permainannya sederhana, tapi jika dikemas dengan cara bermain yang menarik, pasti jadi seru. Dan, kategori tersebut ada di dalam permainan Kartu Nara. Terbukti, peserta dari luar negeri pun sangat antusias ketika bermain, bahkan dapat menjuarai sesi puzzle contest ini " ujar Thyeadi.

Bagi sahabat yang penasaran dengan Permainan Kartu Nara bisa mendapatkannya di KPM Mart.Kartu ini cocok dimainkan bagi kalangan pelajar SD-SMA, guru, hingga kalangan masyarakat umum. Selain sebagai alat permainan, Kartu Nara juga dapat digunakan untuk berlatih kemampuan bernalar anak melalui strategi permainan.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA