Friday, 1 Safar 1442 / 18 September 2020

Friday, 1 Safar 1442 / 18 September 2020

Rumah Zakat Digandeng Bantu Korban Gempa Palu-Donggala

Jumat 02 Nov 2018 17:08 WIB

Red: Fernan Rahadi

Masyarakat Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) mencoba mencari sisa-sisa berharga dari rumahnya yang hancur karena bencana gempa, tsunami, dan likuefaksi, seperti surat, besi, pakaian, Sabtu (27/10).

Masyarakat Balaroa, Palu, Sulawesi Tengah (Sulteng) mencoba mencari sisa-sisa berharga dari rumahnya yang hancur karena bencana gempa, tsunami, dan likuefaksi, seperti surat, besi, pakaian, Sabtu (27/10).

Foto: Republika/Umi Nur Fadhilah
Karyawan IndosatM2 secara proaktif berinisiatif mengumpulkan dana bantuan bagi warga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Indosat Mega Media (IndosatM2) bekerja sama dengan Rumah Zakat untuk menyalurkan bantuan kepada korban bencana alam, terutama warga Palu-Donggala yang tertimpa bencana gempa dan tsunami. Rumah Zakat dipilih sebagai partner karena memiliki program tanggap darurat dalam hal evakuasi korban penyediaan logistik dan pangan. 

“Selain memiliki program tanggap darurat dalam hal evakuasi korban penyediaan logistik dan pangan, Rumah Zakat memiliki program pasca bencana berupa program penyediaan hunian sementara dan tetap. Karena itu, IndosatM2 telah menjalin kerja sama dengan Rumah Zakat selama kurang lebih dua tahun terakhir,” ujar  Corporate Secretary IndosatM2, Syachrial Syarif, Jumat (2/11).

Menurut dia, sejak bencana yang menimpa Palu-Donggala pada 28 September 2018, karyawan IndosatM2 secara proaktif berinisiatif mengumpulkan dana bantuan bagi warga Palu-Donggala. Dana yang terkumpul sebesar Rp 22 Juta dan 20 Bath Thailand. Dana bantuan tersebut disalurkan melalui Rumah Zakat. 

Dana yang terkumpul tersebut akan dipergunakan untuk Program Tanggap Darurat Rumah Zakat, dalam hal penyediaan pangan dan pasca bencana untuk penyediaan hunian sementara dan tetap. 

“Selain bekerjasama dalam pemberian bantuan tanggap darurat untuk daerah bencana, IndosatM2 dan Rumah Zakat juga telah bekerjasama dalam menjalankan program-program strategis untuk meningkatkan tingkat kehidupan masyarakat, seperti Program Desa Pintar bagi daerah pedalaman dan tertinggal, program SMK Peternakan Juara di Subang, dan program Desa Berdaya berupa pemberdayaan budidaya ternak kambing,” paparnya.

Selain dari perusahaan, dana-dana bantuan tersebut dikumpulkan rutin dari karyawan melalui program zakat, infaq & shadaqah (ZIS) karyawan.

Irvan Nugraha, Chief Marketing Officer Rumah Zakat, menjelaskan musibah yang menimpa warga Palu-Donggala tentunya menjadi ujian bagi kita semua untuk hadir membantu para korban. 

“Dengan melihat kondisi yang memprihatinkan, tentunya dengan kebersamaan masyarakat Indonesia membantu akan meringankan tugas tugas kemanusiaan. Rumah Zakat mengapresiasi keluarga besar IndosatM2 yang telah mendoakan dan berbagi membantu korban gempa tsunami Palu-Donggala. Insya Allah kebaikan ini menjadi pembuka rahmat Allah SWT hadir untuk keluarga besar IndosatM2," ujarnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA