Thursday, 18 Syawwal 1443 / 19 May 2022

Pohon Mahoni Setinggi 40 Meter Tumbang di Bandung

Kamis 01 Nov 2018 09:23 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Andi Nur Aminah

Pertugas Dinas Pertamanan berusaha memotong pohon mahoni yang tumbang (ilustrasi)

Pertugas Dinas Pertamanan berusaha memotong pohon mahoni yang tumbang (ilustrasi)

Foto: Republika/Edi Yusuf
Pohon mahoni tersebut sempat terlihat melintang di jalan raya pada pukul 02.55 WIB.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Sebuah pohon mahoni di depan Kebun Binatang Bandung tumbang. Pohon sepanjang 40 meter tersebut sempat menghalangi ruas jalan di Jalan Kebun Binatang, Kelurahan Lebak Siliwangi, Kecamatan Coblong.

Kepala Seksi Penyelamatan Dinas Kebakaran dan Penangulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung Yogi Mamesa mengatakan pihaknya menerima laporan pohon tumbang pada Kamis (1/11) sekitar pukul 03.50 WIB. Tim Diskar PB pun langsung meluncur untuk melakukan penindakan. "Objek pohon tumbang yakni Pohon Mahoni dengan tinggi 40 meter dan diameter 35 centimeter," kata Yogi dalam laporannya.

Ia menuturkan kronologi kejadian pohon tumbang disampaikan oleh saksi atas nama Willy, seorang petugas kebun binatang. Pohon tumbang jenis Mahoni mulai terlihat melintang di Jalan Raya pada pukul 02.55 WIB. Kemudian Willy melaporkan kepada Aan, rekannya untuk segera meminta bantuan dengan menelepon emergency call 113.

Menurutnya kerugian masih belum bisa diperkirakan. Namun tidak ada korban jiwa atas peristiwa tersebut. Dalam penanggulangan pohon tumbang ini, Diskar PB Kota Bandung menurunkan satu unit rescue. "Setelah tiba di lokasi, petugas berkoordinasi dengan pelapor. Kemudian memotong pohon yang tumbang menjadi bagian-bagian kecil dengan menggunakan chainsaw. Penanganan usai pukul 04.30 WIB," tuturnya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA