Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Monday, 30 Sya'ban 1442 / 12 April 2021

Sejak Tutup 2011, Museum Nasional Damaskus Kembali Buka

Selasa 30 Oct 2018 17:23 WIB

Red: Nashih Nashrullah

Meseum Damaskus Nasional

Meseum Damaskus Nasional

Foto: Aljazeera.net
Meseum memamerkan benda bersejarah pra Islam dan masa kejayaan Islam.

REPUBLIKA.CO.ID, DAMASKUS— Meseum Nasional Damaskus akhirnya kembali beroperasi pada Ahad (28/10) sejak ditutup enam tahun lalu akibat konflik berkepanjangan yang meletus sejak 2011. 

Menurut Direktur Jenderal Benda Kuno dan Museum Suriah, Ahmad Diyab, meski sudah kembali dibuka, namun hanya satu sisi museum saja yang diaktifkan.

Ruangan ini menyimpan peninggalan benda bersejarah dari berbagai periode sejarah. Baik pra atau masa-masa kejayaan Islam.  

“Benda-benda itu berhasil disimpan selama beberapa tahun untuk menghindari kerusakan,” kata dia seperti dilansir Aljaeera, Senin (30/10). 

Dia menjelaskan, Meseum Nasional Damaskus ditutup secara resmi sejak 2012. Ketika itu unjuk rasa berujung konflik bersenjata menyebar di sebagian besar wilayah Suriah, tak terkecuali Damaskus.

“Langkah persiapan dan perbaikan terus dilakukan hingga Meseum benar-bener siap beroperasi secara penuh,” tutur dia, 

Sebagai informasi, Museum yang berdiri sejak 1920 ini memiliki berbagai macam koleksi benda bersejarah yang berasal dari benda-benda pra sejarah, benda kuno peradaban Suriah, pra Islam, kejayaan Islam, dan seni-seni kontemporer.     

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA