Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Tuesday, 14 Sya'ban 1441 / 07 April 2020

Lima Cara Meningkatkan Kapasitas Paru-Paru

Selasa 30 Oct 2018 04:35 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Yudha Manggala P Putra

Paru paru. Ilustrasi

Paru paru. Ilustrasi

Foto: Reuters
Salah satunya adalah dengan berhenti merokok.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Paru-paru merupakan salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh manusia. Paru-paru berfungsi menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Paru-paru memiliki kemampuan menampung udara pernapasan yang disebut kapasitas paru-paru. Kapasitas paru-paru setiap orang berbeda. Seperti yang dilansir dari The Guardian, Senin (29/10), ada beberapa cara untuk meningkatkan kapasitas paru-paru.

Pertama adalah berhenti merokok. Merokok merusak paru-paru dan menyebabkan segala macam masalah, dari kanker paru-paru hingga penyakit pernapasan. Itu pasti akan mempengaruhi kapasitas paru-paru. Menurut NHS, kapasitas paru-paru Anda akan meningkat setidaknya 10 persen dalam waktu sembilan bulan setelah seseorang berhenti merokok.

Kedua, lakukan latihan pernapasan. Ada sejumlah latihan pernapasan yang dapat anda lakukan untuk menjaga paru-paru tetap sehat. Salah satunya, berdirilah dengan punggung melengkung, bernapas, dan menahan napas anda selama 10 detik sebelum menghembuskan napas.

Ketiga, konsumsi cukup vitamin D. Sebuah penelitian dirilis tahun ini menemukan kadar vitamin D yang lebih tinggi dikaitkan dengan fungsi paru yang lebih baik. Vitamin D juga dapat ditemukan dalam makanan seperti ikan berminyak, kuning telur, dan daging merah.

Keempat, berolahraga dapat meningkatkan kapasitas paru-paru. Paru-paru akan membawa oksigen ke dalam tubuh dan mengeluarkan karbon dioksida ketika berolahraga. Proses ini terjadi lebih cepat dan membuat paru-paru anda lebih kuat dan lebih efisien dari waktu ke waktu.

Kelima, perbaiki postur tubuh. Penelitian menunjukkan duduk dengan postur tubuh merosot mengurangi kapasitas paru-paru. Sebab, posisi tersebut meremas paru-paru dan membuat organ tersebut lebih kecil. Lebih baik duduk tegak untuk mendapatkan kapasitas paru-paru terbaik. Postur yang baik juga dapat membantu mengatasi nyeri punggung.

Noer Qomariah Kusumawardhani

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA