Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

Monday, 24 Muharram 1441 / 23 September 2019

SDT Bina Ilmu Parung Sabet Double Winner di Al-Hasra Cup 6

Ahad 28 Oct 2018 12:12 WIB

Red: Agung Sasongko

Sekolah Dasar Terpadu (SDT) Bina Ilmu Parung, Bogor, Jawa Barat, berhasil menyabet double winner dalam ajang Al Hasra Cup 6 yang digelar di SMP Al Hasra Depok, Jawa Barat, Sabtu (27/10).

Sekolah Dasar Terpadu (SDT) Bina Ilmu Parung, Bogor, Jawa Barat, berhasil menyabet double winner dalam ajang Al Hasra Cup 6 yang digelar di SMP Al Hasra Depok, Jawa Barat, Sabtu (27/10).

Foto: Dok SDT Bina Ilmu
SDT Bina Ilmu jadi juara umum dalam dua kategori yang dipertandingkan

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Sekolah Dasar Terpadu (SDT) Bina Ilmu Parung, Bogor, Jawa Barat, berhasil menyabet double winner dalam ajang Al Hasra Cup 6 yang digelar di SMP Al Hasra Depok, Jawa Barat, Sabtu (27/10).

Perlombaan yang dipertandingkan dibagi menjadi dua kategori yakni antara lain lomba Kepramukaan dan lomba keagamaan. Lomba Kepramukaan terdiri dari: Lomba Morse, Semaphore, Pengetahuan Umum dan Kepramukaan (PUPK), Sandi-sandi, Pionering, LKBB Tongkat, dan Yelling pangkalan yang digelar Sabtu (20/10).

Sedangkan Lomba keagamaan yang dilangsungkan Sabtu (27/10) antara lain: Lomba Cerdas Cermat (LCC), Musabaqoh Hifdzil Qur’an (MHQ), dan Dacil (Da’i/Da’iyah Cilik). Sekitar 25 sekolah dasar yang berasal dari Kota Depok, Tangerang Selatan, dan Kabupaten Bogor, ikut serta dalam perhelatan kali ke enam yang berlangsung semarak.

Tahun ini menjadi milik SDT Bina Ilmu yang beralamat di Jalan Haji Mawi Nomor 03 Parung, Bogor, karena berhasil meraih juara umum dalam dua kategori lomba yang dipertandingkan.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Nurcholis SH, merinci raihan prestasi peserta didiknya untuk lomba kepramukaan di bagian putra antara lain Juara 1 Morse, juara 1 Semaphore, juara 1 Sandi-sandi, juara 2 PUPK, juara 1 LKBBT, juara 1 Yell-yell.

Sementara, di bagian putri: juara 2 Morse, juara 3 Semaphore, juara 2 PUPK, juara 1 LKBBT, dan juara 1 Yell-yell. Dengan prestasi yang didapat itu akhirnya panitia mendapuk pangkalan SDT Bina Ilmu meraih regu terbaik 1 putra dan regu terbaik 2 putri sekaligus berhasil meraih juara umum.

Nurcholis mengaku bangga atas perjuangan peserta didiknya setelah Sabtu (20/10), Pasukan Pramuka SDT Bina Ilmu berhasil memboyong 14 piala dan meraih juara umum, kini pada Sabtu (27/10) giliran kontingen SDT Bina Ilmu untuk perlombaan kategori keagamaan mampu melibas dan meraih juara pada setiap mata lomba serta berhasil membawa pulang Trophy Juara Umum setinggi satu meter ke Perguruan Bina Ilmu.

Nurcholis yang juga selalu Ketua Yayasan Pembinaan Umat (YPU) Bina Ilmu, yang menaungi TK dan SDT Bina Ilmu, tak mampu membendung rasa syukur dan bangganya kepada para peserta didik yang telah berjuang serta bekerja keras untuk memberikan yang terbaik bagi Bina Ilmu.

“Sujud syukur kepada Allah atas karunia-Nya yang telah diberikan kepada kami. Hari ini adalah momentum yang sangat luar biasa, setelah Sabtu kemarin SDT Bina Ilmu memboyong semua tropi dan menjadi juara umum pada perlombaan kepramukaan. Kini, Alhamdulillah atas Izin dan Kuasa-Nya, Bina Ilmu berhasil menjadi juara umum pada perlombaan keagamaan.” ucapnya.

Cholis, sapaan akrabnya, yang menerima penyerahan 2 trophy Juara Umum dan yang mendampingi anak-anak dalam kegiatan ini, membeberkan prestasi yang diraih anak didiknya dalam Lomba Keagamaan. ”Alhamdulillah untuk lomba MHQ, Firza Munira kelas VI meraih juara 1. Aprilia Alfarah kelas VI berhasil meraih Juara 1 pada lomba Dacil. Sedangkan LCC meraih juara 2 yang dipersembahkan oleh Naquita Khairana Rizvi, Syahira Zalia F, dan Naila Fathia Widhiana.”

Ia melanjutkan, dari semua prestasi yang diraih dalam perlombaan itu, jangan sampai berhenti sampai di sini, kita harus terus berbenah dan rendah hati. Semangat juang yang ada dalam perlombaan, harus kita bawa dalam kehidupan sehari-hari.”ujarnya, sambil menyeka air mata haru yang membasahi pipi.

Naquita, salah satu anggota tim LCC dari SDT Bina Ilmu yang meraih juara 2, mengungkapkan kebahagiaan atas hasil yang telah diraihnya. “Alhamdulillah, semua mencapai target. Buku pelajaran dari kelas 4 s.d. kelas 6 saya baca dalam waktu tiga hari. Walaupun harus belajar ekstra, akhirnya membuahkan hasil yang memuaskan bagi saya. Terima kasih saya ucapkan atas dukungan dan support dari para dewan guru dan para orangtua,” ujarnya polos.

Sementara Aprilia Alfarah, siswi yang berhasil meraih juara 1 lomba pildacil dan memiliki andil besar dalam mempersembahkan 2 Trophy Juara Umum, mengungkapkan hal yang senada. “Saya bersyukur telah berusaha memberikan yang terbaik untuk Bina Ilmu. Sore ini saya membuktikan satu hal, bahwa hasil tidak pernah mengkhianati proses. Mudah-mudahan ini menjadi kenangan manis dari kami angkatan 10 untuk sekolah tercinta.” ucapnya.

Kepala SDT Bina Ilmu, Suprianto, tak bisa menyembunyikan rasa bahagianya dengan prestasi yang ditorehkan peserta didiknya. Pri sapaan akrabnya yang baru tiga bulan menahkodai SDT Bina Ilmu merasa bangga dan kagum atas perjuangan seluruh peserta dan guru pembimbing. ‘’Bangga sekaligus terharu atas perjuangan anak-anak yang sangat luar biasa. Mereka memiliki motivasi yang kuat untuk mempersembahkan yang terbaik untuk sekolah,’’ katanya.

Ia menambahkan bahwa setiap kegiatan yang dilakukan apapun bentuknya harus dipersiapkan dengan matang, terencana dan terukur. ‘’Ajang lomba seperti ini menjadi bukti nyata bahwa persiapan yang matang sebelum pertandingan menjadi kunci keberhasilan,’’ tandasnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA