Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

Friday, 10 Sya'ban 1441 / 03 April 2020

BPJS Ketenagakerjaan Jamin Pekerja Pengelola Geopark Ciletuh

Selasa 16 Oct 2018 09:59 WIB

Rep: Zuli Istiqomah/ Red: Gita Amanda

Simbolis penyerahan kepesertaan BPJS Ketenagkerjaan pengelola Geopark Ciletuh.

Simbolis penyerahan kepesertaan BPJS Ketenagkerjaan pengelola Geopark Ciletuh.

Foto: BPJS TK
Diharapkan ini memberikan jaminan agar para pekerja bisa dengan nyaman bekerja.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan memberikan jaminan bagi para pekerja yang bertugas mengelola Geopark Ciletuh di Pelabuhanratu, Sukabumi. Para pengelola ini terdaftar sebagai peserta jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Sukabumi Emir Syarif Ismel mengatakan, BPJS Ketenagakerjaan hadir melindungi pekerja di Indonesia. Termasuk seluruh tenaga kerja yang bekerja dalam pengelola Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark.

"Kami mengapresiasi langkah yang dilakukan Badan Pengelola Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark yang mendaftarkan pekerjanya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan” kata Emir seperti dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (16/10).

Emir mengatakan pihaknya juga bekerja sama dengan dinas-dinas terkait di pemerintah daerah. Agar bisa ikut serta mensosialisasikan manfaat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

“Kami juga sudah berkoordinasi dengan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sukabumi untuk secara terus menerus mensosialisasikan Program BPJS Ketenagakerjaan yang ada di wilayahnya," ujar Emir.

Bersamaan dengan digelarnya acara Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG) Festival ke 4 (CGF 4) dikawasan tersebut dan dipusatkan digeosite Amphiteater atau Panenjoan Desa Tamanjaya Kecamatan Ciemas oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Pemerintah Kabupaten Sukabumi, dilakukan secara simbolis penyerahan sertifikat kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Penyerahan dilakukan oleh Deputi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Dadang Rizki Ratman kepada Bupati Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami selaku Ketua Harian Badan Pengelola Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark.

Dalam sambutannya Marwan Hamami mengatakan seluruh tenaga kerja yang bekerja dalam pengelola Ciletuh Palabuhanratu Unesco Global Geopark terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan. Diharapkan ini memberikan jaminan agar para pekerja bisa dengan nyaman bekerja.

"Kegiatan-kegiatan yang dapat menggerakkan sistem industri pariwisata yang akan meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat diharapkan seluruhnya menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ujarnya.

Destinasi pariwisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu (GCP) merupakan sebuah konsep manajemen sumber daya keanekaragaman bumi yang memiliki daya tarik wisata. Keanekaragaman ini mencakup Geologi (geodiversity), Biologi (biodiversity), Sosial Budaya (cultural geodiversity) dan pariwisata.

Sebagaimana diketahui bersama bahwa pada 17 April 2018 GCP telah ditetapkan menjadi Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGG). Pada 14 september 2018 CPUGG ditetapkan menjadi Anggota Global Geopark Network (CGN).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA