Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Thursday, 15 Rabiul Akhir 1441 / 12 December 2019

Kontribusi Perkebunan Ungguli Migas

Senin 15 Oct 2018 17:11 WIB

Red: Muhammad Hafil

Anak-anak melihat lahan yang baru pertama kali ditanam sawit di Desa Air Kumbang Bakti, Kecamatan Air Kumbang, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, Senin (15/10).

Anak-anak melihat lahan yang baru pertama kali ditanam sawit di Desa Air Kumbang Bakti, Kecamatan Air Kumbang, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, Senin (15/10).

Foto: Dok Republika
Produksi sawit seharusnya masih bisa ditingkatkan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUASIN -- Direktur Jenderal Perkebunan Bambang menyebut kontribusi sektor perkebunan mengungguli sektor migas. Pada 2017, jumlah kontribusi perkebunan terhadap produk domestik bruto (PDB) nasional mencapai Rp 471 triliun.

“Ini meningkat dari tahun sebelumnya,” kata Bambang  saat acara Tanam Perdana Kebun Masyarakat (Plasma) Kelapa Sawit di Desa Air Kumbang Bakti, Kecamatan Air Kumbang, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, Senin (15/10).

Sementara, untuk ekspor dari sektor perkebunan pada 2017, mencapai Rp 432 triliun. “Ini hal yang menggembirakan di saat nilai rupiah melemah,” kata Bambang.

Menurut Bambang, menteri pertanian dan presiden sangat serius mendukung sektor perkebunan untuk menopang ekonomi bangsa. Namun, dari kontribusi yang besar untuk bangsa itu, Bambang mengingatkan agar produksi dari sektor perkebunan masih perlu ditingkatkan.

Salah satunya, dari komoditas sawit. Karena untuk saat ini, produksi dari setiap satu hektare lahan sawit menghasilkan dua hingga tiga ton per hektare. Seharusnya, bisa ditingkatkan menjadi 10 hingga 12 ton per hektare.“Kalau produksi sawit meningkat maka ini bisa menambah kesejahteraan bagi petani,” kata Bambang saat memberikan sambutan.

Untuk meningkatkan produksi sawit itu, Bambang menyebut semua pihak baik petani, pemerintah, dan perusahaan untuk membenahi industri perkebunan sawit. “Tentunya dalam berbagai hal, usaha perkebunan kita masih banyak tantangan,” kata Bambang.

photo
Bupati Banyuasin Askolani (ketiga dari kiri) dan Dirjen Perkebunan Bambang (keempat dari kiri) saat acara Tanam Perdana Kebun Masyarakat (Plasma) Kelapa Sawit di Desa Air Kumbang Bakti, Kecamatan Air Kumbang, Kabupaten Banyuasin, Sumatra Selatan, Senin (15/10).

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA