Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Friday, 13 Rabiul Awwal 1442 / 30 October 2020

Pembebasan Lahan Jalan Tol Bocimi Seksi Dua Sisa Satu Desa

Senin 15 Oct 2018 16:28 WIB

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Dwi Murdaningsih

Sejumlah kendaraan melintas di ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Kamis (21/6).

Sejumlah kendaraan melintas di ruas tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi), Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat Kamis (21/6).

Foto: Antara/Yulius Satria Wijaya
Tol Bocimi ini terbagi empat seksi dengan panjang 53.6 kilometer.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI--Tahapan pembebasan lahan untuk pembangunan jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi dua hanya tinggal satu desa lagi. Harapannya pada akhir tahun 2018 ini proses pembebasan lahannya bisa selesai.

Seperti diketahui, pembangunan jalan tol Bocimi ini terbagi empat seksi dengan panjang 53.6 kilometer. Ke empat seksi itu yakni seksi satu Ciawi-Cigombong, seksi dua Cigombong-Cibadak, seksi tiga Cibadak-Sukabumi Barat dan seksi empat Sukabumi Barat-Sukabumi Timur.

"Pembebasan lahan untuk seksi dua hanya satu desa yang belum di Parungkuda,’’ ujar Kabag Bina Sarana dan Prasarana Daerah Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Sukabumi Eki R Rizky kepada Republika.co.id, Senin (15/10). Sementara yang sudah selesai semuanya di Kecamatan Cicurug dan Ciambar.

Menurut Eki, lahan yang belum dibebaskan pada seksi dua ini tersisa 10 persen. Targetnya pada 2018 ini bisa semuanya dituntaskan. Sehingga proses pembangunan konstruksi jalan tol Bocimi yang dilakukan pada seksi dua bisa sampai Parungkuda. 

Sehingga tanahnya bisa clear dan clean untuk diibangun jalan tol. Terlebih hingga kini lanjut Eky, proses pembebasan lahan untuk jalan tol Bocimi seksi dua masih berjalan lancar dan tidak menemui kendala. Bahkan sebagian warga merasa bersyukur dengan diterimanya ganti kerugian atas tanah mereka.

Eki menerangkan, untuk seksi tiga dan empat jalan tol Bocimi saat ini sudah rampung tahapan pengukuran dan inventarisasi serta identifikas. Namun untuk pembayaranya belum dilakukan untuk seksi tiga dan empat.

Di sisi lain Eki membenarkan, adanya informasi rencana pengoperasian jalan tol Bocimi seksi satu Ciawi-Cigombong ada akhir Oktober nanti. Namun pengoperasian belum sampai Sukabumi karena memang seksi dua belum selesai pembangunannya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA