Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Friday, 17 Sya'ban 1441 / 10 April 2020

Chievo Angkat Mantan Pelatih Timnas Italia

Kamis 11 Oct 2018 06:30 WIB

Red: Israr Itah

Gian Piero Ventura

Gian Piero Ventura

Foto: Elisabetta Baracchi/ANSA via AP
Ventura akan menggantikan Lorenzo D'Ana yang dipecat pada Selasa (9/10).

REPUBLIKA.CO.ID, MILAN -- Chievo telah menemukan sosok baru untuk menjadi nakhoda tim mengarungi Serie A musim ini. Gian Piero Ventura, pelatih yang menangani Italia ketika mereka secara mengejutkan gagal lolos ke Piala Dunia tahun lalu, telah ditunjuk memegang jabatan itu.

Manajemen tim berjuluk Flying Donkeys ini mengeluarkan pernyataan pada Rabu (10/10) bahwa mereka telah memberikan jabatan lowong itu kepada Ventura, sosok yang menorehkan catatan kelam bersama Azzurri. Ia menjadi pelatih pertama dalam 60 tahun gagal membawa Italia berlaga ke putaran final Piala Dunia setelah takluk dalam laga play-off kontra Swedia pada November lalu.

Ventura akan menggantikan Lorenzo D'Ana yang dipecat pada Selasa (9/10). Chievo tidak pernah menang setelah delapan pertandingan dan berada di sasar dengan minus satu poin, setelah mendapat hukuman dikurangi tiga angka karena ketidakberesan akuntansi.

Ventura sebelumnya melatih 17 klub dalam karier panjangnya. Kebanyakan klub yang ditanganinya berada di divisi bawah. Terlepas dari satu musim di Napoli, yang berada di Serie C pada saat itu, ia tidak pernah bekerja di salah satu klub terbesar seperti Inter Milan, AC Milan, AS Roma atau Juventus.

Klub-klub yang ia bimbing termasuk Sampdoria, Lecce, Cagliari, Venezia, Pisa, Bari, Verona, Messina, Udinese dan Spezia. Dia belum pernah memenangkan Serie A atau Coppa Italia, meskipun dia memimpin Lecce meraih gelar Serie C pada 1996.

Namun, ia mendapatkan rasa hormat membesar setelah lima tahun bersama Torino. Pelatih gaek berusia 70 tahun ini memimpin il Toro keluar dari Seri B dan konsisten menempati papan tengah dan atas Serie A.

 

sumber : REUTERS
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA