Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Monday, 13 Sya'ban 1441 / 06 April 2020

Jogja Halal Fest Usung Jadi Dakwah Edukasi Masyarakat

Rabu 10 Oct 2018 22:15 WIB

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Dwi Murdaningsih

Halal

Halal

Foto: muslimdaily
Banyak tokoh nasional akan mengisi Jogja Halal Fest.

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Jogja Halal Fest berlangsung 11-14 Oktober 2018 di Jogja Expo Center (JEC). Diselenggarakan untuk kali pertama, gelaran ini akan jadi dakwah akbar yang akan menghadirkan dan menebarkan pemahaman halal kepada maysarakat luas.

Direktur Syakaa Organizer, Tutik Syakaa mengatakan, ini merupakan festival halal pertama yang digelar di DI Yogyakarta. Karenanya, Jogja Halal Fest memiliki posisi yang sangat monumental.

Tidak heran, banyak tokoh nasional akan mengisi Jogja Halal Fest. Semua akan dibalut dalam banyak kegiatan mulai pameran, tablig akbar, bincang-bincang, seminar bisnis, sampai seminar ekonomi syariah.

Untuk pameran, dikenalkan produk-produk halal dan produk-produk syariah di Indonesia. Kemudian, akan ada pameran makanan halal yang tentu akan memberi pengalaman kuliner tersendiri bagi pengunjung.

Uniknya, Jogja Halal Fest turut menampilkan elemen-elemen halal dan elemen-elemen syariah yang masyarakat selama ini mungkin belum akrab. Di antaranya, perbankan-perbankan, rumah-rumah sakit dan hotel-hotel syariah.

"Demi mengedukasi masyarakat dan tentu sebagai syiar masyarakat ekonomi syariah itu sendiri," kata Tutik saat dihubungi Republika.co.id, Rabu (10/10).

Banyak tokoh-tokoh nasional mewarnai berbagai kegiatan di Jogja Halal Fest. Mulai Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso, KH Ma'ruf Amin sampai Sandiaga Uno.

Sejumlah talkshow langsung dihadirkan pada hari pertama. Mulai motivasi bisnis CEO Kubik Leadership Jamil Azzaini, bincang bisnis dari pemilik Waroeng Group Jody Brotisuseno dan pemilik Warung Upnormal Rex Marindo.

Lalu, ada tablig akbar bertajuk Cara Berbisnis Rasulullah dari Ustaz Salim A Fillah. Hari pertama akan pula diisi Seminar Hunian Islami dan Your Single Islamic Music Contest.

Hari kedua akan diisi kajian Perjalanan Menembus Palestina dari Peggy Melati Sukma, kisah sukses Membangun Usaha Syariah dari Sandiaga Uno, dan temu pemeran film Hanum dan Rangga.

Ada pula seminar digital marketing dan finance teknologi, bincang-bincang Explore Muslim Fashion Business dari perancang busana Rika Mudrika Paradise, Wening, Luvi Lufia dan Iffah Sogan Batik.

Kemudian, seminar kesehatan Rumah Sakit Islam Yogyakarta (RSIY) Perkumpulan Djamaah Haji Indonesia (PDHI), dan seminar Sehat ala Nabi bersama Herbalis Indonesia.

Hari ketiga, kajian kitab Waris dan Janaiz Ustaz Wijayanto, bincang manfaat sari buah anggur untuk kesehatan Nova Sidharta dan Tantiarini, dan Literasi Keuangan Syariah dari Bank Indonesia, Bursa Efek Indonesia dan Marissa Haque.

Ada pula seminar herbal bersama HNI Halal Market, Fashion Show Hijja, dan akan ditutup seminar bertajuk Merdeka dari Belenggu Masa Lalu dari Yosi Al Muzanni Klinik Nikah Jogja.

Hari keempat, ada Olimpiade Bintang Cemerlang Bias, Az Zahra Coaching Class for Kids, Cemplon Community Cooking Class, dan seminar parenting Ustaz Bendri Jaisyuahman.

Selain itu, ada seminar branding syariah bersaam Arief Budiman dan Andika Syafaat. Semua itu akan ditutup konser amal yang menampilkan Opick, serta pengundian hadiah umroh kepada pengunjung.

"Kita akan menghadirkan banyak tokoh selama empat hari, dan semoga itu semua bisa lebih menyosialisasikan produk-produk halal dan produk-produk syariah," ujar Tutik.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA