Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Sunday, 24 Jumadil Awwal 1441 / 19 January 2020

Hutan Gunung Sumbing Terbakar

Rabu 10 Oct 2018 04:09 WIB

Red: Esthi Maharani

Gunung Sumbing

Gunung Sumbing

Foto: panoramio.com
kebakaran hutan di petak 2B milik Perhutani

REPUBLIKA.CO.ID,  MAGELANG - Kawasan hutan di lereng Gunung Sumbing wilayah Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, kembali terbakar setelah pada Senin (8/10) juga terbakar di petak 1-5 Resor Pemangku Hutan Mangli.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Magelang, Edy Susanto mengatakan kebakaran kali ini terjadi di petak 2B di wilayah Desa Ngemplak, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang. Ia menyatakan, kebakaran hutan di petak 2B milik Perhutani tersebut terpantau dari Basecamp Dampit sekitar pukul 11.00 WIB.

Pada pukul 13.00 WIB, katanya, dilaksanakan upaya pemadaman api secara manual oleh tim SAR dan relawan dari berbagai unsur, antara lain dari Polsek Windusari, Perhutani, dan masyarakat desa hutan. Menurut dia, pada pukul 16.00 WIB api berhasil dipadamkan.

Edy mengatakan kendala yang dihadapi dalam upaya pemadaman, yakni lokasi kebakaran berada di lereng yang cukup  terjal sehingga menyulitkan upaya pemadaman.  Ia menyebutkan luasan lahan yang terbakar sekitar dua hektare.

 "Penyebab kebakaran hutan tersebut belum diketahui, namun diduga dibakar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA