Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

Sunday, 12 Sya'ban 1441 / 05 April 2020

PSSI Pastikan Semifinal-Final AFC U-19 tak Digelar di GBK

Kamis 04 Oct 2018 16:01 WIB

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Hazliansyah

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria

Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria

Foto: ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Laga semifinal dan final akan digeser ke Stadion Pakansari, Cibinong, Jawa Barat

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PSSI memastikan tak menggunakan stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta saat laga semifinal dan final Piala AFC U-19 2018. Jadwal laga puncak turnamen sepak bola muda tertinggi di Asia itu, bersamaan dengan agenda konser musik Guns n Roses (GnR) yang juga akan dihelat di stadion kebanggaan nasional tersebut.

Sekertaris Jenderal (Sekjen) PSSI Ratu Tisha Destria memastikan, laga semifinal dan final AFC U-19 akan digeser ke stadion Pakansari di Cibinong, Bogor, Jawa Barat (Jabar).

"Kita tetap memakai stadion GBK, tapi hanya untuk penyisihan," kata dia di Jakarta, Kamis (4/10).

Saat ini, kata Ratu, PSSI dan pengelola GBK sedang intens bekerja sama memastikan rumput GBK tetap terjaga selama gelaran.

"Karena GBK, juga dipakai untuk Asian Para Games," sambung Ratu.

Asian Para Games 2018 akan dimulai pada 6 sampai 13 Oktober. Adapun gelaran Piala AFC U-19 akan kick off perdana pada 18 Oktober sampai 4 November. Adapun konser GnR di GBK tercatat pada 8 November.

Sebetulnya ada jarak hari antara gelaran konser dan laga semifinal sampai final Piala AFC U-19. Namun Direktur PPK GBK Winarto kepada Repubika pernah mengatakan, promotor konser musik sudah ikat kontrak penggunaan stadion sejak dua tahun lalu. Promotor meminta GBK harus kosong satu pekan sebelum konser digelar.

Ratu mengatakan, PSSI tak ingin berpolemik tentang kebutuhan timnas Indonesia, dengan kontrak PPK GBK dan prmotor dalam penggunaan stadion.

Kata Ratu, sebagai tuan rumah, PSSI punya alternatif stadion selain GBK. Selain Pakansari, stadion Patriot Candrabhaga yang ada di Bekasi juga akan menjadi lapangan utama gelaran AFC U-19. Namun GBK masih tetap dapat digunakan saat babak penyisihan.

"Jadi selama penyisihan, pertandingan akan ada di tiga stadion. Timnas mengambil GBK sebagai pertandingan selama penyisihan," ujar Ratu.

Piala AFC U-19 2018 akan diikuti 16 timnas peserta. Timnas Indonesia U-19, pada Piala AFC nanti tergabung di Grup A bersama Uni Emirate Arabs (UEA), dan Qatar, serta Cina Taipei. Laga perdana Indonesia akan berlangsung pada Kamis (18/10) dengan melawan Cina Taipe.

Sebelum kick off perdana Piala AFC, Garuda U-19 masih punya dua agenda laga uji coba. Yaitu mengundang Arab Saudi, dan Yordania. Dua kali uji coba tersebut akan digelar pada 6 dan 16 Oktober di stadion Pakansari.

"Uji coba U-19 dengan Arab Saudi dan Yordania, uji coba terakhir U-19 sebelum memasuki Piala AFC," sambung Ratu.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

 

BERITA LAINNYA